Mengenal Apa itu RICE atau RICER

Di Instagram ada sebuah akun bertemakan otomotif yang lumayan panas karna kontroversinya dengan nama indoricer. Ngomong ngomong soal ricer, udah tau belum apa itu ricer? (rice disini bukan beras/nasi lho ya). Kalau belum monggo disimak penelusuran dibawah ini.

gotricecarRice konon merupakan singkatan dari Race Inspired Cosmetic Enhancement atau dalam bahasa Indonesianya berarti “penambahan kosmetik yang terispirasi dari ajang balap”. Tapi ada pula yang menyebutkan kalau RICE itu singkatan dari Radically Immature Car Enthusiast yang kalau diterjemahkan menjadi penggemar mobil radikal / aneh yang belum dewasa. Kata RICER sendiri maksudnya menunjukkan pekerjaan sama seperti Driver atau Rider, jadi ya artinya orang yang melakukan kegiatan RICE.

RICER awal mulanya adalah julukan orang amrik kepada anak muda di sana yang ikut ikutan balapan di sana dengan mobil buatan Jepang yang lebih terkenal sebagai mobil ekonomis bukannya mobil kencang (jaman dulu Amerika belum kenal GTR). Mungkin karena modifikasi alirannya sedikit extreme dimana tampangnya yang sangar banget tapi kok tenaganya nggak sesuai tenaganya jadilah muncul julukan RICER ke mobil mobil Jepang. Kenapa istilahnya RICE yang artinya nasi? ya karena pada jaman itu orang Amrik memandang orang Asia kayak Jepang, Cina bahkan Indonesia itu tiap hari cuma bisa makan nasi. Jadi Rice disini menggambarkan orang asia. Eh tapi ada juga yang bilang kalo Rice ini plesetan dari Race gara gara modif tampangnya terlalu garang dibanding tampangnya yang berakibat fail. Lama kelamaan istilah ini berganti pengertian menjadi modifikasi yang berkesan norak.

Apa sih ciri ciri Ricer itu? banyak gan beberapa diantaranya sebagai berikut :

  • Pasang Knalpot yang sama sekali nggak nambah tenaga maupun mendongkrak tampilan. Pasang knalpot cuma biar suaranya makin kenceng aja.
  • Kalo di mobil, pasang spoiler super besar kayak pesawat Boeing 747 yang fungsinya juga nggak ada selain memberatkan dan bikin boros bensin.
  • Stiker dari perusahaan aftermarket kayak 5Zigen, HKS, Sparco dll tapi barang dari perusahaan perusahaan tadi sama sekali tidak menempel pada kendaraan. Ada juga yang bilang kalau fake branding juga masuk misalnya Isuzu Phanter pake lambang BMW atau Suzuki Ertiga pake stiker TRD Sportivo.
  • Velg mahal… tapi KW alias imitasi. Kalau dimotor mungkin bisa sama kayak pake ban cacing.
  • Bodykit aneh dan berat lagi karena banyak dempulnya.
  • Lampu belakang dibikin transparan/putih biar silau. Eh lampu sein juga ikut. Kadang kalau bukan dibikin putih ya warnanya diganti jadi aneh kayak biru atau hijau.

MCA-807RICE berbeda dengan proper Race car. Misalnya di Nissan S13 ini. Wing depan dan belakang  ukurannya memang besar dan terkesan aneh tapi wing mobil ini emang punya fungsi untuk mengatur downforce. Selain itu mobil ini beneran cuma turun di ajang Time Attack. Berbeda dengan ricer yang modifikasinya illegal (diluar sana wing super gede illegal lho) tapi masih aja dipake harian.

Last, sebenernya kita gabisa menilai sebuah aliran atau gaya modif orang lain karena style dan selera setiap orang berbeda-beda. Tapi lain cerita kalau gaya modifikasi tadi menggangu orang lain misalnya : Mobil/motor pake knalpot rombeng busuk berisik yang jalannya lemot nutupin jalan eh udah gitu pakai strobo lagi. Nah, yang model begini yang harusnya dimusnahkan dalam tempo yang sesingkat singkatnya :mrgreem: .

refrensi :

Iklan

8 thoughts on “Mengenal Apa itu RICE atau RICER

  1. om komentar dikit tapi sori menyimpang,
    tadi ditulis..
    Kalau dimotor mungkin bisa sama kayak pake ban cacing…
    ban cacing kan juga buat ajang drag om, harganya juga lebih mahal dibanding ban standart, velg buat drag motor juga lebih mahal dan pastinya semua itu juga buat nambah performa kan, bedalah sama barang kw pokoknya,
    sory ane mainan motor juga jadi sedikit kesinggung, wkwk

    Suka

  2. Ping balik: Mengenal Apa Itu Sleeper (Lawannya Ricer) | TechToNime

  3. Ping balik: Kenapa Motor Drag dan Thailook Memakai Ban Cacing? | TechToNime

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s