Tangguhnya Mobil Toyota : Teroris dan Keamanan Mengakui

Pada hari kamis, 14 Januari 2016 terjadi aksi teror dari sekelompok yang mengaku sebagai bagian dari ISIS di wilayah Sarinah, Jakarta. Sebelum melanjutkan ane mengucapkan bela sungkawa kepada 2 orang korban tewas dan beberapa yang luka. Buat terorisnya sih maaf, itu akibat maen maen pake pistol ama granat makanya mati konyol :mrgreen: . Udah cukup bahas masalah teroris, kali ini ane mau bahas SUV yang dipake kepolisian buat berlindung waktu adu tembak. Buat yang nggak tau, SUV berwarna abu abu kebiruan tadi namanya Toyota Land Cruiser (bukan Fortuner seperti yag disebut salah satu media nasional ya 😆 ).

Toyota Land Cruiser dipake berlindung polisi dari teroris

Toyota Land Cruiser dipake berlindung polisi dari teroris

Diluar sana terdapat sebuah perusahaan keamanan bernama International Armored Group membuat semacam armor untuk Toyota Land Cruiser. Armor untuk Toyota Land Cruiser yang sudah diberi sertifikat VR7 yang bahkan aman dari rudal balistik. Tentunya agak nggak mungkin kalau Land Cruiser yang dipake berlindung kepolisian tadi udah bersertifikat VR7, lha wong buat bikin gituan mahal je. Di Indonesia sepertinya yang mobilnya sudah dilengkapi sertifikat VR7 cuma mobil dinasnya pak Jokowi.

Ketangguhan SUV atau Double Cabin Toyota diatas sebenarnya bukan cuma karena seperangkat armor yang terpasang saja. Sejak dilahirkan pada tahun 1950an gen mobil dari Toyota ini sudah terkenal bandel nggak rusak rusak. Disalah satu episode Top Gear, para host acara tersebut berusaha menghancurkan sebuah Toyota HiLux tahun 1988 seri diesel N50 Hilux yang odometernya sudah menunjukkan 305,775 km. Toyota HiLux malang tadi ditabrakkan ke pohon, jalan menuruni tangga, tabrakin ke tembok, hanyut dan terendam dalam air laut selama empat jam, dihajar dengan bola penghancur, dibakar, sampai akhirnya ditaruh di sebuah puncak bangunan setinggi 73 m yang kemudian dibom. Hebatnya, walaupun sudah disiksa berkali kali, mobil ini masih bisa berjalan hanya dengan perbaikan basic banget seperti memasang kembali aki, mengencangkan baut, isi ulang solar (diesel soalnya) dsb dengan peralatan (tool kit) sederhana bonus dari dealer tanpa penggantian sparepart. Karena benar benar teruji inilah akhirnya mobil ini disebut sebagai “The Indestructible Truck” alias mobil truk yang tidak bisa dihancurkan.

Jauh sebelum episode Top Gear tadi ditayangkan, ketangguhan mobil ini benar benar teruji pada Perang Toyota alias Toyota War di utara benua Afrika. Perang yang terjadi akibat Konflik Chad dengan Libya yang berlangsung pada tahun 1987 di utara negara Chad dan di perbatasan Libya-Chad ini dinamakan Perang Toyota karena banyaknya penggunaan truk pickup Toyota HiLux yang digunakan sebagai kendaraan teknis untuk menyediakan mobilitas bagi pasukan Chad saat mereka bertempur melawan Libya. Perang yang mengakibatkan kekalahan Libya, 7.500 orang tewas di pihak Libya, 1000 orang dipihak Chad dan uang 1,5 milyar Dollar Amerika lenyap akibat peralatan militer yang hancur atau dirampas.

ISIS love Toyotas

ISIS loves Toyota

Karena daya tahan dan kehandalan Toyota Hilux bersama dengan Toyota Land Cruiser yang memang terbukti tadi, Sampai sekarang mobil ini jadi populer di kalangan kelompok-kelompok militan di wilayah yang dilanda perang. Menurut analis terorisme Andrew Exum, Toyota Hilux ini “AK-47nya mobil. Dipakai dimana-mana oleh pemberontak”. Karena jamak dipake kelompok teror ini, tak heran kalau di beberapa negara Toyota HiLux dan Toyota Land Cruiser disebut mobilnya teroris.

Kala HiLux dan Land Cruiser udah dikenal sebagai mobil AK47 karena benar benar tangguh diajak perang, apa kabar LMPV maupun LCGC pabrikan cap oval macam Agya dan Avanza yang dikasih julukan “Kaleng Kerupuk”?. Karena nggak sekuat Land Cruiser atau HiLux yang dipake buat perang, tolong lah kalo berkendara ati ati. Kalo nabrak pohon kayak HiLux di Top Gear bisa bisa malah mobilnya yang ringsek parah :mrgreen:

Mobil-Toyota-Avanza-nabrak-pohon

Peace om, eh itu udah lampu ijo lagi (ngacir naek Kijang Pickup)

Iklan

One thought on “Tangguhnya Mobil Toyota : Teroris dan Keamanan Mengakui

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s