Suzuki Melakukan Recall Khusus Untuk 1 Pelanggan Saja

recall-cappucinoKembali lagi setelah vakum lama banget… kemarin, heboh berita panggilan recall untuk Yamaha YZF R25 dan MT-25 untuk yang kedua kalinya. Andai saya kerja jadi kepala lembaga perlindungan konsumen di Indonesia, Yamaha Indonesia ini bakal saya kasih penghargaan karena mau mencegah pelangannya dari celaka akibat produk yang mereka jual. Bicara soal recall, ada hal unik di Jepang sana dimana Suzuki melakukan recall khusus untuk 1 orang saja. Ya, hanya satu orang saja yang dikenai  panggilan untuk perbaikan mobilnya. Siapa dia? dan kenapa? monggo disimak.

Baca lebih lanjut

Konsep : Modifikasi Honda New Mega Pro Street Tracker

Honda New Mega Pro (disingkat aja NMP) adalah varian motor sport standard atau naked bike 150cc Honda yang diproduksi antara tahun 2010 sampai 2014 sebelum akhirnya digantikan oleh New Mega Pro FI yang jarang kelihatan dijalan. Dibanding motor sport Honda sebelumnya, jelas Honda NMP ini merupakan suatu gebrakan dari AHM yang sebelumnya hanya menjual Honda CB100 ganti baju yang dibore/stroke up sejak tahun 70an :mrgreen: . Dipersenjatai dengan suspensi monoshock, mesin 150cc SOHC 2 klep basis CRF yang lebih bertenaga dari mesin 160cc sebelumnya, dan desain yang banyak orang termasuk ane nggak suka terutama bagian depannya. Sayangnya karena kemarin iseng naikin motor yang ane juluki motor sombong karna besar kepala (ampun masbro mbakbro penunggang NMP) eh kok posisi ridingnya nyaman ya? jadi kepincut… sayang betuknya bukan gue banget… setelah googling dan nemu gambar bentuk rangka Honda NMP ini dan eh akhirnya kok ada rasa ingin memiliki yang kuat ya? :mrgreen: iseng iseng pake software pengolah vector, ane edit dikit body NMP ini biar makin kece ala TechToNime yang seneng kultur JDM pastinya. Gimana hasilnya? cekidot.

nmp street tracker concept 1 Baca lebih lanjut

Nonton Anime “Iklan” Yamaha MT Series “Master of Torque”

anime+motoJapan never failed to amaze me. Kalau di Indonesia para sales hanya dipaksa untuk memenuhi target penjualan dengan cara apapun, termasuk dengan melakukan BC alias black campaign yang sangat hina untuk menjatuhkan image produk kompetitor. Contoh saja pernah dengar istilah starter anti maling bletak duor? DOHC klotok klotok? teknologi BuoCorr? atau SOHC ngebul? ternyata kalimat kalimat yang sering diutarakan para Fan Boys garis keras tadi juga tidak jarang ditulis besar besar di spanduk, baliho atau pamflet yang disebar para sales. Di Jepang walaupun saya yakin juga ada banyak FBH, FBY atau FB yang lainnya yang seperti itu juga berkeliaran, tim marketing alias sales motor punya cara elegan buat memperkenalkan produknya ke masyarakat. Salah satunya adalah dengan menggunakan media Anime.

Baca lebih lanjut

Suzuki TR50 & TR110 Street Magic Matic Trail dari Suzuki

Jujur saja sebenarnya bisa dibilang ane FBH dan FBS untuk urusan kendaraan roda dua buatan Jepang. Jadi FBH dan FBS karena ane suka perkembangan teknologi 2 pabrikan bersangkutan (merk Y dan K juga nggak kalah sih, cuma kok yang bisa membuat ane berkesan kok cuma H sama S ya? ). Bedanya kalau Honda pengembangan teknologi untuk dipasarkan ke konsumen lebih cenderung wait and see terlebih dahulu lalu memperbaiki kesalahan yang ada, misalnya sebelum AHM menjual Honda Vario, AHM lihat dulu perkembangan Yamaha Mio dan bagaimana reaksi konsumen. Sedangkan Suzuki sukanya bikin innovasi yang mendahului zamannya tapi apesnya karena suatu hal produknya nggak laku terus dihentikan produksinya. Ajaibnya beberapa tahun setelahnya ketika pabrikan lain bikin produk serupa eh malah produk tersebut bisa laris dipasaran :mrgreen: . Contohnya aja dulu Suzuki mengeluarkan motor bebek dengan lampu bego (lampu di tebeng depan) tahun 2006 dengan nama Arashi. Karena tidak laku akhirnya produksinya dihentikan tahun 2008. tahun 2009 Honda bikin motor bebek serupa dengan nama Honda Blade dan di sini (Jogjakarta) terlihat jauh lebih banyak Honda Blade wira wiri dijalan dibanding Suzuki Arashi :mrgreen: .

12174204_480mwBalik lagi biar sesuai judul. Di Indonesia kita mengenal Yamaha X-Ride atau Yamaha TTX di luar sana sebagai motor matic hasil kawin silang antara scooter matic dengan motor garuk tanah (trail). Namun tahukah anda kalau Suzuki pernah bikin konsep serupa jauh sebelum Yamaha X-Ride diperkenalkan pada tahun 2012. Sekitar akhir tahun 1990an Suzuki memperkenalkan Matic bermesin 2 tak 50cc yang bentuknya benar benar nggak umum. Sepintas terlihat seperti motor batangan apalagi rangka tengahnya yang sepintas mirip Deltabox nya Yamaha Vixion, tapi begitu diamati secara detail baru ketahuan kalo mesinnya mirip scooter pada umumnya :mrgreen: . Baca lebih lanjut

Mengenal Apa itu Street Tracker

Sudah sekitar 2-3 bulanan ini ane jadi kepikiran buat bikin motor street tracker. Pertanyaannya apa itu motor Street Tracker?

Awal mulanya sekitar tahun 60an sampai dengan 70an Ketika balap AMA Grand National Championship atau juga dikenal sebagai Flat Track Racing di Amerika sama menjadi balapan utama (kira kira sama seperti sebagaimana kita nonton Moto GP). Beberapa pembalap ngetop ajang ini seperti Dick Mann, Mert Lawwill, Gane Romero, sampai mantan (ketika itu baru calon) juara dunia GP500 1978-1980 Kenny Roberts atau yang lebih dikenal sebagai Kenny Roberts Sr.

Harley Davidson XR750

Harley Davidson XR750

Baca lebih lanjut

Opini : Kurang Yakin Dengan CBR250 Twin

Disamping kabar persaingan panas antara New Jupiter MX King 150 dengan calon bebek ayago dari Honda (CS1 Reborn), ada desas desus tentang CBR250R bermesin V-twin berkapasitas 250cc yang diambil dari Honda VTR 250 yang beredar di Jepang sana. Lebih hebatnya lagi mesin dari calon sport 250cc dari Honda ini dikabarkan akan sanggup menyemburkan tenaga hingga 40Hp. Sepintas hal tersebut bukan mustahil untuk pabrikan sekelas Honda/AHM. Dengan keuntungan yang sangat besar dari penjualan produk sepeda motornya ditambah dibangunnya pabrik yang mumpuni untuk membuat sebuah motor bermesin V DOHC silinder ganda mungkin semudah menancapkan UPS eh USB ke komputer. Namun menurut saya sendiri rasanya sedikit ragu dengan hal itu.

Honda VTR250 2009

Honda VTR250 2009

Kenapa demikian? Baca lebih lanjut

Iklan Jadul Nissan Skyline GTS R32

Pernah melihat atau mendengar nama Nissan Skyline? sebagai pencinta otomotif maupun game bertema racing harusnya tau dong. Mobil ini sendiri banyak dijadikan jagoan dalam arena balap maupun game. Nah Iklan komersilnya sendiri (versi GTS R32) di Jepang sana ternyata menggunakan lagu yang dinyanyikan oleh salah satu musisi yang ngetop di era 90an bernama Sheila Majid dengan judul “Larut Malam”sebagai backsound-nya. Langsung saja kalau mau lihat iklannya

Baca lebih lanjut