Poverty Spec Yamaha MT-125

Beberapa waktu yang lalu, heboh soal peluncuran Yamaha all new R15 yang memakai jagoan baru Yamaha MotoGP, Maveric Vinales setelah sebelumnya muncul spyshoot-spyshoot motor aneh tapi keren dijalanan. All New Yamaha R15 ini nantinya akan dilengkapi dengan mesin 155cc VVA, shock USD, swing arm banana, velg desain baru, speedo all digital, lampu LED dan masih banyak lagi. Dengan fitur sebanyak ini, muncul pertanyaan “motor ginian mau dijual berapa?” mengingat harga R15 v2 yang biasa-biasa saja sudah menyentuh 30 juta. Dari situ entah kenapa ane terpikirkan seandainya ada motor sport poverty spec dari spek standar yang ditawarkan, mungkin harga R15 baru ini (yang pastinya naek dibanding versi old) tidak akan lagi menjadi masalah.

Poverty spec vehicle adalah kendaraan yang dibuat serba minim fitur. Kalau di motor, contohnya bisa dilihat kala AHM mengeluarkan Supra Fit yang secara mesin dan bentuk hampir mirip dengan Supra X dengan kualitas dan beberapa fitur disunat. Istilah poverty spec ini terlihat jelas kalau di mobil contohnya versi mahal namanya Avanza Velos dengan banyaknya chrome menyilaukan mata sementara versi mediumnya Avanza biasa. Povert spec Avanza ini namnya Avanza transmover yang pakai bumper plastik tidak dicat, doortrim sederhana, spion tipis, tanpa AC, power window, power steering, velg kaleng dan minus segala macam piranti keselamatan kecuali sabuk pengamannya.

Kembali lagi ke Yamaha, contoh motor poverty spec yang ane sedikit edit dengan pengolah gambar digital secara amatir ini adalah Yamaha MT125. Kenapa MT125? karena ini merupakan motor sport naked Yamaha paling bagus yang punya mesin 125/150cc 4 tak selain old vixion lampu bulat. Toh ini buat gambaran saja (padahal karena nggak nemu gambar R15 baru hi res).

techtonime-mt125-simpleVelg palang 5 bercabang huruf Y digantikan dengan velg jari-jari yang lebih durable dan murah. Shock depan yang memakai model upside down diganti dengan model teleskoptik biasa. Warna-warna glossy hilang dan beberapa part dibiarkan warnanya hitam tidak dicat untuk menghemat biaya produksi. Swingarm belakang sebenarnya mau diganti model kotak biasa macam Vixion, cuma karena editnya susah, ya udah biarin begitu saja. Speedometer digital yang super keren itu diganti analog biasa.

Setelah poverty spec MT125 ala Tectonime ini diperhatikan lagi, entah kenapa kok rasanya tampangnya masih tetap bagus ya? ciri motor murah khas motor yang dijual dinegara berkembang masih belum terlihat (terasa). Rasanya kok malah pas nih buat inspirasi modifikasi Yamaha R15 old (v2) yang kayaknya bentar lagi bakal murah harganya :mrgreen:

Iklan

2 thoughts on “Poverty Spec Yamaha MT-125

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s