Mau KTM Duke 200 Pahe cuma 15 jutaan?

Kawasaki Bajaj Pulsar P200NS

Kawasaki Bajaj Pulsar P200NS

Akhir-akhir ini, sedang panas berita mengenai munculnya KTM (KTM-Sportmotorcycle AG bukan Kuda Terbang Motor alias KTM inul) di Indonesia. KTM sendiri sudah lama sebenanrnya memulai menjual motornya di Indonesia. Namun karena masuk secara CBU, produk KTM mendapat tarif bea masuk yang super sadis dan mengakibatkan harga jualnya menjadi mahal. Yang bikin panas akhir-akhir ini adalah penurunan harga unit motor KTM menjadi hanya 30 jutaan saja untuk DUKE 200 dan RC200 dari sebelumnya yang 50 jutaan. Minat? sama. Hanya saja angka 30 juta rupiah untuk sebuah motor yang hanya 200cc buat saya sendiri masih mahal meskipun ini merk Eropa. Kalau menganut itung-itungan dompet sih buat gaya, kencang, sama nyaman ya mendingan beli Mitsubishi Eterna baik yang GTi (jarang) atau yang SOHC 2000cc yang harganya juga segitu cuma lebih muat banyak, nyaman dan 220Kpj gampang. Nah, kalau masih ngebet pingin motor Austria itu, sebenarnya ada pilihan motor lain dengan spek mirip yang cenderung downgrade namun dengan harga yang jauh lebih murah. Motor apa itu? Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS jawabannya.

Secara umum, Pulsar 200NS mengambil rancangan engineering dari KTM Duke 200. Perbedaan motor negeri film favorit emak-emak di Indonesia (utaran) ini dengan KTM Duke ada pada penggunaan karburator, mesin SOHC 4 valve dengan busi 3 buah (macam Daihatsu Zebra S89 ku dulu aja), serta gearbox 5 speed. Untuk bagian chassis atau rangka, P200NS ini malah memakai rangka twins spar, kaki belakang monoshock arm kotak biasa dan bagian depannya masih telescoptic biasa saja.

Untuk bagian desain, ternyata P200NS didesain oleh tim yang dikepalai oleh Edgar Heinrich. Buat yang belum kenal, mas Edgar ini sebelumnya merupakan kepala desain BMW Motorrad (walau setelah pindah ke Bajaj, tahun 2012 balik lagi ke BMW) yang juga bertanggung jawab atas desain BMW R1150GS, BMW R1200GS serta BMW S1000RR. Makanya desainnya boleh dibilang lumayan cakep wong yang desain orang BMW Motorrad.

Sayangnya, walau didesain orang BMW kok rasanya tetap ada yang kurang menurut ane. Entah kenapa desainnya masih sangat India yang sangat tidak sesuai selera saya yang suka desain otomotif JDM, Euro atau malah Asia Tenggara.  Dengan isu motor sparepart super sulit (padahal KTM DUke dan RC juga sulit) harga motor paket hemat atau versi murah dari KTM Duke dan RC200 ini malah makin hancur. Yah, semoga harga P200NS ini makin hancur aja deh biar bisa kebeli terus dimodif begini. Sub frame aslinya dibuang ganti dengan subframe untuk Duke atau RC200 sekalian. Biar makin sip, bodi mendingan pakai bodi RC200 half fairing yang kesannya lebih garang dan bisa memperlihatkan sisi mesin yang sudah penuh dan rapi dibanding Duke yang bantet belakangnya. Untuk velg, IMHO daripada desain bintang mleyot (bahasa Indonesianya apaan ya?) mendingan sekalian dibikin jari-jari biar kelihatan paket hematnya. Totalnya habis berapa? entahlah wong ini cuma oret oretan dikepala yang coba dimasukkan kedalam bentuk visual pakai software pengolah vector.

Pulsar RC200

Pulsar RC200

Oh iya, hampir lupa. Baik KTM Duke dan P200NS ini punya  ketinggian jok mencapai 80cm. Ini berarti sangat tidak bersahabat dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Ane yang hampir 173cm aja masih berasa jinjit palagi yang 165cm SNI (Standar Nasional orang Indonesia). Ini Bajaj niat jualan apa nggak sih sebenarnya kok tinggi jok produknya malah disamain dengan postur orang India sono yang dikaruniai fisik lebih jangkung nggak kayak orang Indonesia bagian barat dan tengah yang rasnya Asian yang dikaruniai tinggi badan lebih ceper.

jok motorjust my 2 cent… daripada blog ini jarang posting :mrgreen:

Iklan

4 thoughts on “Mau KTM Duke 200 Pahe cuma 15 jutaan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s