Mengenal Apa Itu Sleeper (Lawannya Ricer)

Pernah tidak ketika dijalan melihat sesosok mobil atau motor yang tampangnya biasa biasa saja bahkan terlihat jelek kata sebagian orang tapi pas kita pecicilan, mobil atau motor tadi bisa seimbang atau bahkan mempermalukan kendaraan kita yang terlihat lebih keren, gagah, ganteng, kencang dsb? Mobil atau motor yang seperti itu disebut dengan sleeper. Post kali ini kita akan membahas apa itu sleeper dan kenapa sleeper jadi lawan (lebih tepatnya antonim) dari ricer. Buat yang belum tau, silakan baca dulu post mengenai Mengenal Apa itu Rice atau Ricer.

coro vg30

Toyota Corolla jadul mesin Nissan VG30 V6? interesting. source : jalopnik.com

Dari bahasa, sleeper merupakan bahasa Inggris yang kalau diindonesiakan artinya penidur. Tidur disini bukan berarti mobil maupun motornya ngantukan terus tiap hari molor di garasi terus ya. Ibaratnya beruang kala hibernasi, pas tidur kayaknya enak banget dan hewannya nggak buas alias jinak buat diajak main juga bisa tapi begitu hibernasinya diganggu, jangan harap bisa pulang dulu buat nulis surat wasiat. Kira kira begitulah kenapa muncul istilah sleeper. Istilah ini juga dikenal dengan sebutan Q car di Inggris Raya sana. Dinamakan Q car mungkin karena tokoh Q dalam film James Bond 007 adalah seorang insinyur yang membuat peralatan canggih buat 007 sebelum memulai misinya.

Dalam sejarah, tercatat Chrysler C-300 dengan mesin V8 Fire Power 5700cc yang diambi dari mesin mobil balap beneran yang menjadi mobil sleeper pabrikan pertama didunia. Alasannya? ini mobil mewah yang biasanya lemot tarikannya tapi klaim Chrysler, mobil ini cepat dan bisa menghasilkan tenaga sebesar 300Hp. Kecil? 5700cc nggak jauh beda sama Lancer Evolution GSR yang 276Hp tapi cuma 2000cc? ingat ini mobil keluaran 1955 atau 37 tahun sebelum Lancer Evolution 1 dimana pada masa itu angka 300Hp sudah terlalu besar untuk mobil penumpang.

Mungkin karena terinspirasi atau malah karena cuma iseng, banyak modifikator yang bermain dengan style sleeper ini. Kala mesin dimodifikasi habis habisan eh tampang mesinnya standaran. Kadang modifikasi sleeper baru ketahuan kala downshift kok ada suara pssst kayak pake turbo atau pas ditantangin alay dilampu merah tiba tiba masuk gigi 2 langsung menang jauh. Modifikasi sleeper tidak harus berarti mengganti mesin dengan mesin yang lebih buas atau menambahkan force induction yang biayanya mahal. Lepas emblem juga bisa dibilang sleeper asal yang dilepas emblem sporty kayak misalnya Mitsubishi Lancer GTi 1800cc DOHC logo GTi dibelakang dihapus diganti GLX yang aslinya tertempel pada Lancer GLX 1500cc matic. Kebalikannya kayak pasang stiker TRD sportipu eh maksudnya TRD Sportivo di Xenia 1000cc.

Iklan

8 thoughts on “Mengenal Apa Itu Sleeper (Lawannya Ricer)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s