Konsep : Suzuki Thunder 150cc DOHC

Suzuki ngamuk! akhir akhir ini rame masalah balapan yang diikuti oleh jagoan baru Suzuki di kelas ayago batal diadakan. Alasannya sih macam macam mulai dari kurangnya peserta sampai boykot, tapi setelah melihat spek standar Satria FU FI  yang 18hp itu kok jadi ada prasangka jelek gitu ya 🙄 . Dengan dasyatnya power Satria bikin banyak biker yang kepincut. Sangat disayangkan, Satria keluar dalam bentuk ayago yang tidak semua golongan cocok naiknya (mosok udah brewokan badan kek beruang naek satria…. diketawain ayam nanti :mrgreen: ). Nah, setelah ngalamun beberapa saat, ane dapat ide buat merancang motor sport Suzuki 150cc DOHC dengan power paling tidak 16hp. Seperti apa? monggo disimak.

thunderSekarang ini, motor hampir setiap bulan ada aja yang baru. Dengan munculnya banyak varian baru tentunya bisa menguntungkan konsumen karena disuguhi pilihan yang banyak dan sesuai dengan style dan kebutuhannya masing masing. Dipadukan dengan skema kredit yang makin mudah dan murah, orang tentunya bakal memilih beli motor baru yang modelnya lebih fresh, teknologi lebih canggih dan lebih ngirit di perawatan (setidaknya 1 tahun pertama cuma keluar oli dan bensin). Bagaimana dengan nasib motor bekas? kalo untung ya untung banget kalo nggak ya nggak banget. Contoh aja Suzuki Spin 125 ane yang udah direstorasi kurang cat aja cuma ditawar orang 1,5 juta aja. Bayangin aja, dulu 2006 beli baru sekitar 13 juta terus 2012 beli second 5 juta aja eh sekarang udah 10 tahun umurnya cuma laku 1,5juta aja. Secara general, harga motor Suzuki pada ancur semua. Padahal jika dilihat dari spesifikasinya motor motor Suzuki mantab secara engine dan fiturnya. Untuk modelnya sih no comment karena ini selera masing masing, tapi kalo menurut ane malah unik karena entah mengapa kok terasa sekali desain ala Jepang atau Eropa. Beda dengan Yamaha atau Honda yang desainnya Asia Tenggara banget dengan sudut yang lancip lancip.

thunderfuBalik lagi ke konsep, karena harga bekasnya ancur, gimana kalau 2 motor Suzuki yang satunya nyaman dan gagah (sempat jadi raja dikelasnya tahun 2004) sedang yang satunya kencang dengan tampang yang anak muda banget disatukan. Yup, Suzuki Thunder 125 yang katanya lemot itu pake mesin DOHC Satria FU yang muncul sejak 1997 di zaman FXR (walau di Satria 150cc didowngrade) namun masih bisa keep up dengan mesin DOHC Honda maupun SOHC superior Yamaha yang keluar beberapa tahun kemudian kemudian. Kalau dibayangkan sepertinya bisa hampir mirip mirip CB mesin Tiger yang secara tampang biasa saja tapi begitu mesin 200cc 16,xx Hp mulai keluar tenaganya bisa kasih salam bye bye ke motor sport 150cc tuh.

Mulai itung itung yuk, cari di situs jual beli online kayak OLX didapati kalau harga Thunder 125 cuma 5 juta aja. Mahal? coba cari yang keluaran awal yang belum pakai kick starter seperti keluaran 2004 atau 2005. Ternyata setelah ditelusuri harganya malah makin hancur aja. Duit 4 juta sudah dapet untuk pencarian area jawa tengah (kalau DKI sekitarnya pastinya lebih murah lagi tu). Sekarang sasis Thunder udah siap, tinggal cari mesinnya. Masih menggunakan situs OLX dan cari harga Satria FU dibatasi antara keluaran 2004 sampai 2008 saja. Hasilnya rata rata uang 10 juta sudah dapet lah, lumayan. jadi total modal yang harus dikeluarkan anggap saja 15 juta.

Screenshot from 2016-04-05 14:39:17Screenshot from 2016-04-05 15:05:06Semuanya sudah ada, jadi mulailah proses swap engine. Biaya buat ini itu anggap saja 5 juta jadi totalnya udah 20 juta. Kurang modal? ini untungnya beli motornya dan bukan cuma mesinnya. Jual saja part body satria dan part mesin Thunder buat tambahan dana segar. Itung itungan kasar dijual untung 3 juta misalnya jadi total yang dikeluarkan tinggal 17 juta saja untuk mendapatkan Suzuki Thunder 125 dengan mesin DOHC 150cc.

Worth nggak? ya simpulkan sendiri. Buat saya sendiri sih so so lah soalnya daripada naik Satria FU dibilang beruang sirkus karna orangnya gede motornya kecil, naek thunder tua dijalan karna motornya kurang tenaganya dan uang 17 juta kalau beli motor baru mentok dapet sekelas Verza (saya anti kredit… bayarnya nambah mahal sedang aset yang dibeli nilainya nyusut terus). Keunggulan lainnya modelnya thunder itu cocok untuk semua golonga usia. Jadi andaikata motor Thunder modifan ini saya simpan sampai 2050 besok, masih pantas saya naiki. Buat perbandingan bayangkan saja kakek kakek umur 70an naek Satria FU yang style anak muda banget. Ibarat ratu Inggris pake hot pants sama tanktop pink ala abg cabe cabean :mrgreen:

Udah ah, nggak tau ngoceh apaan… daripada blog jarang posting.

Iklan

5 thoughts on “Konsep : Suzuki Thunder 150cc DOHC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s