Ini Dia Mobil Produksi Pertama Pabrikan Asal Jepang

Sebelumnya mohon maaf karena blog jarang terurus karena sibuk mau skripsi sama keasyikan nulis di blog mobilmotorlama yang bahas mobil sama motor jadul. Mampir ya habis baca post ini.

Lama tak terdengar, mobil Indonesia (ingat nyebut mobnas dari pemerintah sudah nggak boleh… ntar kena sanksi dari IMF lagi kayak jaman Timor tau rasa ntar :mrgreen: ) Esemka ternyata sudah mulai membangun pabrik di desa Demangan kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Setelah dibuli oleh berbagai kalangan utamanya pihak satunya yang bertikai pada musim pilpres 2014 karena dianggap sebagai pencitraan politik sebut saja Mr. J yang sakarang menduduki kursi kepemimpinan tertinggi di Indonesia Raya. Menurut berita dari Sindo, pabriknya sendiri bahkan akan diresmikan pada bulan April 2016 oleh Presiden langsung. Well, thats escalated quickly. Nah buat penyemangat, ini dia beberapa mobil produksi pertama pabrikan asal Jepang. Secara kita semua tau sukses itu nggak datang secara tiba tiba kayak langsung turun dari langit terus nimpa kita :mrgreen: . Oh iya, artikel ini masih berkaitan dengan Bagaimana Cara Jepang Kembali Menguasai Dunia.

Toyota

1024px-Toyota_Model_AA

Toyota Model AA

Awalnya pabrikan otomotif terbesar sedunia ini cuma membuat mobil sedan Toyota AA yang pertama keluar tahun 1935. Sepintas mobil ini sama persis dengan mobil Amerika, Chrysler Airflow. Mesin yang diusung adalah Toyota tipe A 6 silinder segaris berkapasitas 3400cc dipadukan transmisi manual 3 percepatan mampu menghasilkan tenaga sebesar 62Ps. Mobil ini diproduksi sampai tahun 1943 sebelum akhirnya Toyota fokus membuatkan truk untuk keperluan perang Jepang dengan total produksi mencapai 1404 unit.

Mazda

Mazda Mazdago

Mazda Mazdago

Simbahnya mobil dengan teknologi Skyactiv atau mobil sport dengan mesin Wankel Rotary paling laku sedunia ini ternyata awalnya cuma sebuah moge alias motor gerobak. Pertama kali melihat moge Mazda ini kok terdapat rasa ingin memiliki yang kuat karena desainnya yang classic banget. Nama moge ini adalah Mazda Go atau Mazdago. Mesin yang dipakai juga sama persis kayak sepeda motor dengan 1 silinder pendingin udara lengkap dengan transmisi manual yang jadi satu. Mobil atau motor ini dikatakan jadi autoricksaw pertama didunia ini awalnya dijual di jaringan dealer Mitsubishi.

Mitsubishi

Mitsubishi Model A

Mitsubishi Model A

Jauh sebelum jamannya Lancer Evolution yang melegenda, Mitsubishi awalnya cuma perusahaan perakitan kapal. Mobil pertama buatan Mitsubishi ini adalah Mitsubishi Model A. Model A adalah sedan 4 pintu 7 penumpang yang keluar tahun 1917 sampai 1921 berbasis Fiat Tipo 3. Mesin yang diusung didepan berkapasitas 2800cc 4 silinder dengan top speed 97kpj bertenaga 35hp. Total Mitsubishi Model A yang diproduksi beserta prototypenya hanya ada 22.

Daihatsu

Hatsudoki Seizo Model HA

Hatsudoki Seizo Model HA

Datihatsu sebenarnya merupakan perusahaan manufaktur otomotif pertama di Jepang dengan nama Hatsudoki Seizo di Osaka yang berdiri tahun 1907. Setelah sebelumnya hanya membuat mesin, Daihatsu akhirnya mulai membuat “mobil” pertamanya dengan nama Daihatsu HA Model. Modelnya masih mirip dengan Mazdago diatas dengan mesin 1 silinder 500cc 4 tak yang persis seperti motor.

Suzuki

Suzuki Suzulight

Suzuki Suzulight

Awalnya tahun 1937, Suzuki membuat prototype mobil yang tergolong cangih saat itu dengan bermesin dibawah 800cc 4 silinder bertenaga 13 hp dan sudah pakai liquid cooled. Produksi masal pertama mobil Suzuki baru mulai tahun 1955 dengan diproduksinya sebuah keicar bernama Suzulight. Suzulight ini bermesin depan FWD berkapasitas 360cc 2 tak. Berbeda jauh dengan prototypenya tahun 1937.

Subaru

Subaru 360

Subaru 360

Awalnya Subaru membuat mobil prototype dengan nama Subaru 1500 pada tahun 1954. Model mobil dengan sasis monocoque dan bentuk bodi ponton khas era 50an ini menggunakan mesin FG4A yang diambil dari Peugeot. Mobil produksi masal pertama dari Subaru ini adalah Subaru 360 bermesin belakang 2 tak berkapasitas 360cc karena kei car. Subaru 360 sendiri baru diproduksi tahun 1958.

Nissan/Datsun

Datsun 16

Datsun 16

Datsun awalnya dibentuk tahun 1911 dan mulai membuat mobil dengan nama DAT pada tahun 1914. Nissan motor sendiri baru terbentuk pada tahun 1933 dan awalnya adalah perusahaan konglomerat yang menguasai banyak aspek industrialisasi di Jepang. Pada tahun 1934 sendiri DAT motor berafiliasi dengan Tobata Casting yang merupakan perusahaan milik Nihon Sangyo (Nissan). Pada akhirnya DAT motor malah digabung dengan Tobata Casting dan jadilah Datsun yang dikontrol oleh Nissan. Pada tahun 1934 Datsun memproduksi mobil dengan lisensi dari Austin 7 yang juga jadi mobil pertamanya BMW. Mobil ini diproduksi di Jepang dan jadilah Datsun Model 16 yang menjadi awal kesuksesan Nissan/Datsun dipasar mobil sedan internasional.

Honda

Honda T360

Honda T360

Sebelumnya Honda sudah menjadi produsen sepeda motor terbesar didunia pada tahun 1959. Karena Soichiro Honda sendiri benar benar tertarik di bidang otomotif, jadilah Honda akhirnya ikutan membuat mobil. Mobil pertama Honda ini adalah sebuah kei car pikep dengan nama Honda T360 bermesin AK250E series 356 cc DOHC inline 4 piston. Ternyata sejak dulu mobil Honda sudah terkenal akan mesin DOHC ya. Sayang di Indonesia jadi SOHC semua :mrgreen:

 

Iklan

9 thoughts on “Ini Dia Mobil Produksi Pertama Pabrikan Asal Jepang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s