Konsep : Modifikasi Honda New Mega Pro Street Tracker

Honda New Mega Pro (disingkat aja NMP) adalah varian motor sport standard atau naked bike 150cc Honda yang diproduksi antara tahun 2010 sampai 2014 sebelum akhirnya digantikan oleh New Mega Pro FI yang jarang kelihatan dijalan. Dibanding motor sport Honda sebelumnya, jelas Honda NMP ini merupakan suatu gebrakan dari AHM yang sebelumnya hanya menjual Honda CB100 ganti baju yang dibore/stroke up sejak tahun 70an:mrgreen: . Dipersenjatai dengan suspensi monoshock, mesin 150cc SOHC 2 klep basis CRF yang lebih bertenaga dari mesin 160cc sebelumnya, dan desain yang banyak orang termasuk ane nggak suka terutama bagian depannya. Sayangnya karena kemarin iseng naikin motor yang ane juluki motor sombong karna besar kepala (ampun masbro mbakbro penunggang NMP) eh kok posisi ridingnya nyaman ya? jadi kepincut… sayang betuknya bukan gue banget… setelah googling dan nemu gambar bentuk rangka Honda NMP ini dan eh akhirnya kok ada rasa ingin memiliki yang kuat ya?:mrgreen: iseng iseng pake software pengolah vector, ane edit dikit body NMP ini biar makin kece ala TechToNime yang seneng kultur JDM pastinya. Gimana hasilnya? cekidot.

nmp street tracker concept 1Bagian tengah motor ini hampir mirip dengan motor sport honda lainnya seperti Tiger, Mega Pro 160, GL Series dan classic CB. Sebuah pipa besi menjulang dari atas dekat ujung jok pengendara sampai bagian bawah bagian di engine mounting. Jauh dari harapan TechToNime yang ingin bagian ini ditopang oleh 2 buah pipa besi seperti pada motor UJM (Universal Japanese Motorcycle), Suzuki Thunder 250 dan 125 serta Yamaha Scorpio. Setelah meh melihat bagian tengahnya, eh ternyata bagian penyangga jok rata kayak tanah. Dari ujung depan dekat komstir sampai dudukan ujung belakang tangki posisinya miring menurun. Pada bagian penyangga jok, bentuknya lurus kayak CB classic. Sayang setelah bagian tempat dudukan shock belakang (kalau mau dibikin stereo) posisinya nunggung. Jadi kalau digambarkan kira kira jadinya begini (mohon maaf sebelumnya karena belum pernah liat secara langsung, jadinya ngira ngira aja bentuknya dari gambar NMP dipretelin. ilustrasinya jadi begini : \_/ ).nmp street tracker concept rangkaKarena buntut NMP terasa kepanjangan, mau tidak mau ya harus sunat rangka belakang. Eh tapi tidak perlu banyak banyak ding, cukup sedikit aja soalnya bentuknya yang nungging masih bisa dipakai (kalau bisa lho) buat dudukan jok belakang. Untuk velg, diganti dengan velg ruji atau jari jari dengan ukuran paling tidak sama dengan standarnya (diketawain ayam kalo street tracker pake ban cacing😆 ). Monoshock, mesin dan fork depan nggak usah diganti lah, toh awalnya Street tracker dipake buat mbalap dimana durabilitas dan performa jauh diatas tampilan. Nah, bagian body terutama pada bagian tutup monoshocknya bentuknya menyesuaikan Honda FTR 223 dengan bentuk tangki agak mirip FTR250. Kenapa dipilih bentuk Honda FTR? ya karena lagi pingin motor JDM yang paling dekat diedarkan dalam bentuk CBU di Vietnam / Kamboja itu. Di Indonesia sebenarnya ada, cuma harganya nggak nguati… katanya sih dibawah 250cc kayak Honda FTR yang cuma 230cc nggak kena pajak barang mewah, eh nyatanya dompet kita masih aja dihisap lintah berseragam laknat itu. Balik lagi ke ngayal modifnya, untuk body bisa dibuat dari bahan fiberglass. Oh iya, untuk bagian ini ada 3 lapis ya. Pertama plastik item dof untuk menutupi aurat monoshok dari tangan usil. Yang kedua ukurannya lebih kecil berwarna item mengkilap bentuk hampir seperti segitiga dan yang terakhir baru bentuk cover aki yang cembung dengan bentuk mirip segitiga dan diberi warna sesuai selera.nmp street tracker concept flat trackerUntuk tangki, dipakai model FTR 250 yang sedikit lebih besar agar tidak terlalu akrab dengan mbak mbak penjaga dispenser pom bensin… ntar dicubit nyaih lho😆 . Kalau nggak ada ya pake model FTR 223. Eh motornya aja nggak ada disini, gimana dapatinnya? di sebuah toko online ada yang jual replika tangki custom model Honda FTR. Harganya sih cuma 1 juta rupiah. Kalau susah dapatnya, hubungi bengkel custom terdekat untuk membuat tangki berbahan plat galvanis. Untuk harganya? meneketehek… ini kan baru konsep. Kalau nggak bisa nyarinya, pakai tangki Honda XL125 juga masih cucok kok. Agar street legal sesuai namanya yang street tracker, knalpot yang dipakai adalah knalpot milik Megapro primus alias Megapro advance. Bentuknya ayng simple nggak neko neko dengan pernik chrome mengisyaratkan lebih penting fungsi daripada gaya. Toh lagian motor yang bisa garuk tanah gini kalo nggak dipake kotor kotoran nggak nikmat kan? . Untuk lampu dipakai model bulat standar aja. Speedometer kayaknya lebih pas model bulat tanpa tachometer. Untuk spakbor belakang, bikin dulu rumahnya pake fiberglass juga. Modelnya malah mirip spakbor bebek honda jaman Astrea Supra kok. Lampu belakangnya kira kira kotak mirip punya RX King cuma dibalik biar beda:mrgreen: . jangan lupa dudukan plat belakang dan platnya juga biar nggak dikira motor kredit macet😛

nmp street tracker concept legalnmp street tracker concept legal XL125Nah, itu tadi sedikit angan angan modifikasi Honda New Mega Pro jadi Street Tracker ala Honda FTR. Urusan biayanya berapa, coba liat langit… siapa tau ada duit sekoper turun:mrgreen: Untuk mengurus ganti warna dan ganti tipe, coba cek Oleh Oleh dari Samsat Mungkid kemarin. Oh iya satu lagi…. tanpa spionnya jangan ditiru guys. Itu sengaja nggak ada spionnya soalnya susah gambarnya:mrgreen:

semoga bermanfaat.

Kunjungi Juga :

http://www.mobilmotorlama.com untuk bahasan seputar mobil dan motor bekas dan jadul

11 thoughts on “Konsep : Modifikasi Honda New Mega Pro Street Tracker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s