Uang 15 Juta Mau Motor Sport 150cc? Ini Pilihannya

Sebagai penunggang Vario Techno 110 karburator, terkadang ada rasa iri terutama ketika diajak touring jalan jalan bersama teman teman. Masalahnya bukan karena tampang motor yang mulai terlihat tua (prinsip ane makin tua makin keren, unik, dan eksklusif. Buktinya liat Holden Belmont atau Datsun Fairlady Z keluaran 1978 trus bandingin sama lcgc Agya baru dari dealer kerenan mana coba :mrgreen: ) tapi karena performa yang makin menurun. Banyak teman teman ane yang ngajakin turing pakenya motor motor yang lebih kencang dengan displacement alias cc lebih besar seperti Ninja 150RR, KLX, Tiger, Satria F150, Scorpio Z, ZX130, CB150R dan sebagainya. Lebih parahnya, kebanyakan temen ane kalo bawa motor pada kesetanan semua. Jalanan kosong gas pol, macet selap selip, overtake pake acara ngeblong dsb. Berbanding terbalik sama ane yang kecepatan naiknya lama, aksel pelan, kaku ikutin aturan kayak parlemen Inggris, dan kalaupun bisa kencang itupun cuma di tikungan yang sepi. Dengan kondisi Vario karbu yang akselnya kalah sama Beat Fi standar, bobot rider yang over, dan tangki bensin yang kecil dengan mesin haus bensin seringkali ane jadi juru kunci rombongan dan tertinggal 3 kecamatan. Kalau tau jalurnya sih mending bisa sekalian jadi Sweeper, lha kalo nggak tau jalan kayak ane kan ribet :mrgreen: .vartechvarla

Atas dasar diatas dipilihlah beberapa motor sport (tangki didepan biar nggak sering ke spbu) dengan displacement 150cc (pajaknya masih lumayan murah) dan harga maksimal 15 juta (dana mepet om… mau beli motuba Civic Wonder SB3 belom kesampaian 🙄 ). Survey pencarian harganya dilakukan lewat OLX dengan filter harga 0 sampai 15 juta di area Jawa Tengah. 2 Tak dan lebih dari 155cc nggak dimasukkin soalnya pingin yang pajaknya murah, bensin masih bersahabat, sparepart nggak mahal mahal amat yang ori, dan ukurannya just perfectly fit sama postur orang asia kebanyakan. Nah dari keinginan diatas didapat beberapa motor sebagai berikut :

Yamaha Vixion (2007 – 2010)

vixionVixion gen pertama dengan lampu bulat dari hasil pencarian harganya direntang 10 hingga 14 jutaan. Kalau beruntung udah dapet Vixion old facelift sebelum NVL. Kelebihannya rangka deltabox, mesin SOHC LC4V, dan injeksi yang canggih, irit bensin dan modelnya IMHO seperti perpaduan sports bike yang dilepas fairingnya campur UJM (universal Japanese Motorcycle). Tampil makin keren dengan kaki kaki MT15/Xabre/M-Slaz dipadu lampu bulat dan lampu belakang bulat 2 ala CBR150R karbu atau Yamaha TZR 125 seperti coretan vector diatas (ceritanya pingin MT-125 tapi nggak kesampaian :mrgreen: ). Konon katanya walaupun kelistrikannya gampang bermasalah, komstir gampang oblak dan rangka deltabox karatan tapi mesinnya jauh lebih baik dibanding NVL maupun NVA sekalipun. Kelemahan lainnya motor pasaran, dan masih sangat diminati walau tanpa pengaman kunci yang bikin sumringah maling.

Yamaha Byson (2011 – 2013)

Yamaha-BysonBentuknya yang moge banget dengan ban tapak lebar, body besar, speedo digital, monoshock dan shock depan 41mm yang terbesar di Indonesia. Sepintas diparkiran benar benar terlihat seperti motor gede walaupun ketika dijalankan, mesin 150cc SOHC pendingin udaranya nggak terdengar auman suaranya karena tertahan knalpot ber catalyc converter. Hasil jalan jalan di OLX didapati harga motor ini sekitar 11 hingga 15 juta rupiah tergantung kondisi. Kelemahan motor ini adalah lemot karena mesin yang cuma menghasilkan tenaga yang dikalaim sebesar 14ps dan torsi 13,6Nm ini dipaksa membawa bobot motor yang sudah mencapat 135kg.

Honda New Mega Pro

new-megaproPenerus Meggy primus yang awalnya menjadi jawaban Honda akan mulai populernya Vixion. Sayangnya, Vixion yang benar benar hampir mirip sportsbike lepas fairing ala anak muda ini dilawan motor desain India yang cenderung lebih pas dinaiki bapak bapak. Jujur saja sampai sekarang ane masih berasa aneh lihat desain motor ini terutama headlamp dan shroud. Dijalan sudah beberapa kali lihat NMP dilepas shroudnya dan diganti lampu depannya dengan milik tiger revo lengkap dengan visornya. Setelah penggantian tadi rasanya motor ini baru terlihat cakep. Yang menarik mesin motor ini konon sama dengan trail Honda CRF150L. Biarpun sama dengan trail 150cc versi wisata, cek tambang/perkebunan atau belajar kompetisi, hentakan torsinya pastinya mantab. Dipadukan dengan suaranya yang ngebas menambah poin plus motor ini. Sayangnya rasanya kok motor ini seperti dianak tirikan AHM. Beberapa ada yang bilang mengeluh langkanya sparepart motor ini (harus inden lama). Oh iya, di OLX harganya sekitar 9 sampai 15 juta tergantung kondisi.

Honda Verza (2013 – 2014)

Honda-Verza-Sporty-RedBosen dari tadi motor pake monoshock terus? Kali ini ada Honda Verza yang shock belakangnya stereo. Paket hemat dari Honda Mega Pro ini dilahirkan dengan fitur yang minim. Tachometer saja tidak ada. Walau begitu motor ini tergolong laris dipasaran karena tampang depan yang keren dan tampang belakang yang mirip mega pro primus yang emang ganteng. Biarpun mesinnya mirip dengan NMP yang punya basis CRF150L, mesin Verza katanya lebih irit bensin dibanding NMP. Kelemahannya karena didesain sebagai motor pekerja keras, shock belakangnya juga ikut ikutan keras yang berakibat berkurangnya kenyamanan. Di O el eks harganya berkisar antara 13 hingga 15 juta lebih.

Honda GL Pro (1992 – 1994)

DSCF1006Dikenal juga sebagai GL Black engine motor paling tua diantara list diatas ini . Terkenal dan terbukti tangguh luar biasa. Di Bromo motor ini sering ngojekin motor motor yang jauh lebih muda karena pada nyerah saat menaklukan pasir bromo. Motor ini bermesin SOHC 145 cc dan tersedia juga versi 125ccnya dengan nama GL Max. Dijepang motor ini dikenal dengan nama Honda CB125JX. Harga jualnya di OLX suka suka yang jual dan tergantung kondisi. Kondisi biasa saja yang perlu perbaikan mungkin cuma 5 jutaan saja tapi kalo udah full ori harganya bisa diatas 10 juta.  Jujur aja ane paling minat ama motor ini terus di modif jadi kayak gambar CB125JX diatas 🙄

Sebenarnya dengan duit segitu juga ane nemu ada yang jual berbagai macam trail lokal maupun buatan tiongkok. Selain itu ane juga nemu Suzuki FXR yang 20hp itu dijual dengan harga 13 juta saja. Sayang pilihan tadi ane coret karena ane belom siap mental nyari bengkel atau cari sparepartnya. Kalau merasa sanggup sih ya monggo.

Semoga bermanfaat.

Contoh Modifikasi Illegal yang Wajib Kena Tilang Kata Pak Polisi

Masih panas isu modifikasi sembarangan bisa kena denda 24Juta rupiah dan atau penjara 1 tahun. Banyak biker maupun driver was was memodifikasi kendaraanya baik modif ringan seperti tempel stiker sampai modif berat seperti ganti bodykit extreme. Dishare dari akun Firman Hidayat di Facebook berikut beberapa contoh modifikasi yang melanggar aturan.

#‎Trendingtopik‬ Berikut foto” kendaraan Motor Modifikasi yg melanggar lalulintas…dan kena Tilang .
salam satu aspal..

Nahhh untuk kalian pecinta otomotif (Bikers) yang hobi Modif untuk digunakan dijalan seperti ganti mesin (dari mesin motor/mobil jenis A diganti menjadi mesin motor/mobil B demi memiliki CC tertentu), merubah rangka ‘warna cat,kenalpot,Ban,Merbah Body motor dll kendaraan disarankan untuk uji tipe terlebih dahulu. Hal tersebut tentunya juga berlaku bagi kendaraan yang hanya memodifikasi warna/cat. Semua itu bertujuan agar nantinya STNK yang kita miliki sesuai dengan fisik kendaraan baik itu nomor mesin, rangka, model, cat dll. Serta kendaraan tersebut layak melaju di jalan karena sudah memenuhi standar yang ditentukan.

seperti yg dijelas dalam undang undang..berikut ini…

Setiap orang yang memasukkan Kendaraan Bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan ke dalam wilayah Republik Indonesia, membuat, merakit, atau memodifikasi Kendaraan Bermotor yang menyebabkan perubahan tipe, kereta gandengan, kereta tempelan, dan kendaraan khusus yang dioperasikan di dalam negeri yang tidak memenuhi kewajiban uji tipe sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp 24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah).
dan
UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan Pasal 52 ayat (1) “Modifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (1) dapat berupa modifikasi dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut.”

Tuhkan! Bagi kendaraan bermotor yang telah dimodif baik dari segi dimensi (panjang/lebar kendaraan), Mesin dan kemampuan daya angkut WAJIB dilakuka uji tipe!! UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan Pasal 52 ayat (2) “Setiap Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi sehingga mengubah persyaratan konstruksi dan material wajib dilakukan uji tipe ulang.”

Nahhh untuk kalian pecinta otomotif yang hobi Modif untuk digunakan dijalan seperti bore up mesin, ganti mesin (dari mesin motor/mobil jenis A diganti menjadi mesin motor/mobil B demi memiliki CC tertentu), merubah rangka dll kendaraan disarankan untuk uji tipe terlebih dahulu. Hal tersebut tentunya juga berlaku bagi kendaraan yang hanya memodifikasi warna/cat. Semua itu bertujuan agar nantinya STNK yang kita miliki sesuai dengan fisik kendaraan baik itu nomor mesin, rangka, model, cat dll. Serta kendaraan tersebut layak melaju di jalan karena sudah memenuhi standar yang ditentukan.
lebih jelanya monggo baca dimari

https://www.facebook.com/DivHumasPolri/posts/860305110665013:0

  1. Vespa Gembelvespa gembelyang ini mungkin ketilang karena gak sesuai warna stnk, lampu lampu dan spion
  2. Matic Low riderlow riderIni ketilang mungkin karena sudah mengubah dimensi (wheelbase sama panjang kendaraan). Eh tempatnya berasa kenal ya.
  3. Kereta kelinci (odong-odong)kereta kelinciKereta kelinci/odong odong ini ketilang mungkin karena sudah mengubah daya angkut sama panjang kendaraan. Mungkin kalo pake body original tapi posisi duduknya disamain kayak angkot bisa bebas… mungkin lho ya.
  4. Bentor quadbike/ricksaw?bentorudah nggak jelas ini :mrgreen: gimana kalo kaum difabel? katanya harus uji tipe. Gimana uji tipenya? nggak tau
  5. Vespa limosin panjang/lebarvespa limono lampu, no safety feature, kalo nyetir pas malem kayak ginian ga keliahatan.
  6. Mocep (motor ceper)mocepModif ceper mungkin mau meningkatkan center of gravity cuma kalo udah kayak gini susah beloknya..
  7. no komen deh kalo begini…no komenlampu super teraang :mrgreen:
  8. tai look (motor alay kata orang)alayban cacing knalpot bising siap siap aja ya..
  9. ini modif apaan ya?apaan
  10. matic alay style tanpa platalay-mio

well semoga mencerahkan mana modif yang boleh dan mana yang gak boleh. Jayalah modifikasi Indonesia.