MotoGP 2015 Telah Selesai, Ini Kilas Balik Singkatnya

MotoGP baru saja selesai hari ini (8 November 2015) di sirkuit Ricardo Tomo Valencia Spanyol. Juara Dunia Grand Prix Motorcycle alias MotoGp tahun ini jatuh ke tangan jorge Lorenzo yang menurut banyak orang terdapat campur tangan dari posisi 3 Marc Marquez. Posisi 2 diambil alih oleh Valentino Rossi yang hanya terpaut 5 poin dari Jorge Lorenzo. Race pertama musim 2015 ini dimulai sejak 29 Maret 2015 di Lusail Qatar hingga ditutup oleh race terakhir di Ricardo Tomo Valencia Spanyol ini menyisakan banyak kejadian dramatis yang membumbui setiap gelaran MotoGp ini. Berikut beberapa kejadian kejadian yang terjadi selama MotoGP musim 2015 berlangsung.

Race 1 : Commercial Bank Grand Prix of Qatar (29 Maret 2015)

qatar-384397_620_tempocoAndrea Dovizioso (Ducati) mengambil pole position pertama di musim ini. Diakhir balapan, Podium disapu bersih oleh rider asal Italia, yaitu Valentino Rossi yang naik Yamaha diposisi 1, Andrea Dovizioso dan rekan satu timnya Andrea Iannone yang naik Ducati mengambil podium ke 2 dan ke 3. Yang menarik, disinilah podium pertama Andrea Iannone di kelas MotoGP.

Juara bertahan Marc Marquez start dari grid ke 3 namun karena keluar jalur dan hampir menabrak Jorge Lorenzo dan Bradley Smith, ia jatuh. Untungnya ia bisa kembali dan berhasil menyalip beberapa pembalap dan mampu finish kelima di belakang Lorenzo. Dani Pedrosa start dari grid ke 2 tapi karena punya masalah dengan arm pump, Pedrosa hanya mampu finish ke posisi 6. Andrea Dovizioso mencetak rekor top speed tertinggi dalam sejarah MotoGP dengan angka 355 kpj.

Race 2 : Red Bull Grand Prix of the Americas (12 April 2015)

amerika-s8d630Marc Marquez mengambil pole pertamanya musim ini dan memenangkan balapan yang menjadikannya kemenangan ketiga di circuit of Americas. Untuk pertama kalinya sejak race Aragon 2014, ada 3 pabrikan yang berhasil podium. Andrea Dovizioso finish ke 2 setelah memenangkan battle dengan Valentino Rossi yang puas diurutan ke3. Sang tuan rumah Nicky Hayden hanya bisa finish di posisi 13 (yang kata orang sono angka sial). Di race ini banyak pembalap yang crash seperti Pol Espargaro, Scott Redding, Yonny Hernandez, Mike Di Meglio dan Stefan Bradl. Pedrosa ambil cuti untuk operasi arm pump dan digantikan oleh Hiroshi Aoyama. Yang menarik, pada saat sesi latihan bebas, ada guguk numpang lewat ditengah sirkuit pada saat guyuran hujan deras :lol .

Race 3 : Gran Premio Red Bull de la República Argentina (19 April 2015)

argentina-meme-Rossi-vs-Marquez-2Marc Marquez pole di GP Argentina ini. Sialnya keuntungan pole ini tidak berbuah manis selama race. Di lap ke 22, ban depan RC213V Marquez menyentuh ban belakang YZF-M1 Rossi yang menyebabkan Marquez crash dan tidak bisa melanjutkan balapan. Akhirnya yang memenangkan balapan di Argentina ini adalah Valentino Rossi. Di posisi ke 2 ada Andrea Dovizioso lagi dan di posisi 3 ada Cal Crutchlow yang memenangkan battle dengan Iannone di tikungan terakhir. Hiroshi Aoyama yang menggantikan Dani Pedrosa juga crash menemani Marquez  bersama dengan Yonny Hernandez.

Race 4 : Gran Premio bwin de España (3 Mei 2015)

jerez-rossi-bercanda-dengan-lorenzo-akibat-piala-motogp-jerez-2015Balapan di Jerez ini Lorenzo akhirnya berhasil mengambil pole dan berhasil finish pertama sejak tahun 2011 di Jerez. Marc Marquez yang mengalami patah jari kelingking karena kecelakaan saat ngetrill berhasil finish diposisi ke 2. Valentino Rossi yang berhasil podium ke3, berhasil mempertahankan rekor podium 8 kali berturut turut dan podium ke 200 sepanjang karirnya. Di race ini, Hiroshi Aoyama yang menggantikan Pedrosa crah di lap 14. France Loris Baz dan Karel Abraham juga crash di lap ke 8 dan ke 3.

Race 5 : Monster Energy Grand Prix de France (17 Mei 2015)

Geser dikit ke Perancis, Marquez berhasil pole… tapi sayang yang juara malah Lorenzo. Di posisi ada The Doctor di podium 2 dan Andrea Dovizioso yang podium ke 3. Tempat ke 4 ditempati oleh Marquez setelah battle dengan Andrea Iannone dan Bradley Smith. Cal Crutchlow mengalami kecelakaan di Turn 6 dan Jack Miller jatuh di Dunlop chicane. Dani Pedrosa yang baru selesai menjalani operasi juga jatuh di chicane Dunlop hanya saja ia berhasil start kembali dan akhirnya finish ke 16.

Race 6 : Gran Premio d’Italia TIM (31 Mei 2015)

Julukan Ducati GP15 sebagai motor drag ternyata bukan cuma sembarang celotehan saja. Buktinya Andrea Dovizioso berhasil pole di sirkuit Mugello ini. Sayangnya yang podium pertama adalah Jorge Lorenzo diikuti Andrea Iannone dan Valentino Rossi. Pedrosa sepertinya sudah mulai sembuh total dari arm pumpnya dan mengambil posisi 4 sementara rekan setimnya, Marquez harus rela menunggu teman temannya finish di pit karena crash.

Race 7 : G.P. Monster Energy de Catalunya (14 Juni 2015)

Balik lagi ke Spanyol. Pembalap Suzuki, Aleix Espargaró berhasil pole pertama bersama pabrikan yang baru comeback ke MotoGP ini. Sialnya, ia harus crash saat balapan tinggal 5 lap lagi. Jorge Lorenzo meraih kemenangan ke 4 nya secara berturut-turut di depan Valentino Rossi dan Dani Pedrosa yang mencapai podium pertamanya musim ini. Hanya ada 16 pembalap yang menyelesaikan lomba karena Marc Márquez, Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow , Pol Espargaró, Yonny Hernandez, Nicky Hayden dll crash.

Race 8 : Motul TT Assen (27 Juni 2015)

assen-hqdefaultValentino Rossi berhasil menyabet pole di race unik yang digelar hari sabtu ini. Bersaing super ketat dengan Marc Marquez yang balik ke sasis 2014 hingga menjelang garis finish. Saking ketatnya persaingan antar keduanya, mereka bersenggolan di chicane terakhir yang membuat Rossi terpaksa off road memotong chichane. Untungnya karena aksi Rossi ini dianggap legal oleh race director karena sifatnya mempertahankan diri, Rossi akhirnya berhasil podium 1 didepan Marquez. Podium ke 3 ada Lorenzo yang terpaut 14,5 detik dibelakang Marquez.

Race 9 : GoPro Motorrad Grand Prix Deutschland (12 Juli 2015)

Marc Marquez benar benar mengerahkan seluruh kemampuannya setelah dikalahkan Rossi yang podium ke 3 di  Sachsenring, Jerman ini. Marquez berhasil meraih posisi puncak podium, pole dan fastest lap. Di podium 2 ada Dani Pedrosa. Di Jerman ini Hiroshi Aoyama balik lagi, namun misinya kali ini bukan menggantikan Pedrosa melainkan menggantikan Karel Abraham yang cidera. Sialnya Hiroshi bapaknya shincan (eh) Aoyama ini crash lagi.

Race 10 : Red Bull Indianapolis Grand Prix (9 Agustus 2015)

Ke Amrik lagi di sirkuit NASCAR. Marquez berhasil pole dan juara disini. Hasil juara ini mencatatkan rekor 5 kali kemenangannya di Indianapolis dan kemenangan ke 700 Honda. Dibelakang Marquez ada duo Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Race 11 : bwin Grand Prix České republiky (16 Agustus 2015)

Nonton balap dulu biar semanggat upacara 17an keesokan harinya, :lol . Lorenzo pole dan menang disini. Marc Marquez dan Valentino Rossi membayangi dibelakang Lorenzo. Disini Lorenzo dan Rossi sama sama memiliki 211 poin. Hanya saja karena yang menang Lorenzo, maka posisi 1 klasmen sementara Lorenzo. Lorenzo juga berhasil menyamai rekor Casey Stoner : menang 38 kali di kelas utama.

Race 12 : Octo British Grand Prix (30 Agustus 2015)

Pindah ke negara sepak bola, buka Italia, bukan Argentina :mrgreen: . Marc Marquez pole dan memecahkan rekor fastest lap saat kualifikasi yang dibuatnya pada tahun 2013 lalu. Sialnya saat balapan, ia berhadapan dengan Rossi yang dijuluki rain master (saat itu sekitar Silverstone diguyur hujan) dan crash saat tinggal 8 lap tersisa. Akhirnya podium GP Inggris di Silverstone ini dibabat habis oleh Italians (Rossi, Petruci, Divizioso).

Race 13 : GP TIM di San Marino e della Riviera di Rimini (13 September 2015)

Race awalnya digelar saat cuaca cerah, namun dipertengahan lomba, hujan mengguyur hingga membuat pembalap mengganti motornya. Pole direbut Lorenzo namun race dimenangkan Marquez setelah strategi mengganti motornya sebelum Lorenzo tepat. Dipodium 2 dan 3 ada pembalap Inggris, Bradley Smith and Scott Redding yang menjadi duo Inggris pertama yang podium setelah GP Venezuela 1979. Uniknya Scott Redding ini podium ke 3 setelah sebelumnya Crash.

Race 14 : Gran Premio Movistar de Aragón (27 September 2015)

Balik ke Spanyol lagi… tepatnya sih di Aragon. Marquez kembali memecahkan rekor fastest lap saat kualifikasi. Sialnya lagi lagi Marquez crash di lap ke2 saat mengejar cintanya Lorenzo :peace . Perebutan posisi ke 2 sangat seru karena baik Dani Pedrosa maupun Valentino Rossi benar benar ngotot pingin memajang medali perak di lemari rumahnya. Podium ke 2 akhirnya dimenangkan oleh Pedrosa. Karena Marquez crash, dan pembalap Yamaha ke duanya podium, Movistar Yamaha berhasil mengunci gelar juara tim tahun 2015 setelah sejak 2010 dikalahkan Honda.

Race 15 : Motul Grand Prix of Japan (11 Oktober 2015)

Bosen ke Eropa terus, GP kali ini digelar di sirkuit milik Honda Motor Corp di Jepang sana. Race start saat kondisi track basah namun pada saat akhir balapan kondisi sirkuit sudah sekering gurun sahara. Lorenzo yang pole dan memimpin balapan seperti biasanya harus puas finish diposisi ke 3 karena masalah ban setelah disalib Pedrosa dan Rossi. Pedrosa yang puasa gelar sejak GP Czech Republic 2014 berhasil memenangkan balapan di sirkuit Honda ini dan memcatatkan rekor kemenangan ke 50.

Race 16 : Pramac Australian Grand Prix (18 Oktober 2015)

ostrali-wpid-wp-14451768234061GP Australia ini menjadi balap MotoGP paling seru sejak 1 dekade terakhir. Gimana nggak seru wong dari start hingga finish 4 pembalap didepan (Marquez, Lorenzo, Iannone, dan Rossi) saling rebutan posisi 1. Sayangnya balapan seseru ini mengorbankan nyawa seekor burung camar mabok yang pingin nonton motoGP dari tempat VVVVVVVIP dan akhirnya tertabrak helm KYT dan motor Ducati GP15 Andrea Iannone. Dengan fairing bolong dan sayap patah ternyata tidak mengurangi performa motor Ducati yang powernya gila gilaan di lintasan lurus. Marquez berhasil menyalib Lorenzo di tikungan terakhir dan Iannone juga menyalib Rossi di lap terakhir.

Race 17 : Shell Malaysia Motorcycle Grand Prix (25 Oktober 2015)

sepang-wpid-fb_img_1445775562924GP paling panas dan dramatis di musim 2015 ini. Awal race terjadi battle yang seru antara Marc Marquez dengan Valentino Rossi. Mungkin karena Rossi yang stress karena sudah janji mau kawin kalo udah jurdun 10 kali sedangkan race tersisa hanya di Malaysia dan di Valencia dan selisih poin antara Lorenzo dan Rossi hanya 11 poin dan diperparah aksi aksi Marc Marquez yang membahayakan Rossi saat overtake membuat terjadinya insiden Sepang Clash. Rossi yang diduga menendang Honda RC213V Marquez dengan ajian supernya (karena menendang motor seberat 160kg lebih tak cukup hanya mengandalkan tenaga dengkul) ternyata berbuntut panjang. Rossi memang berhasil podium 3 (Lorenzo kedua dan Pedrosa pertamax) namun karena insiden ini membuat rece setelahnya menjadi kurang seru dan Rossi akhirnya diganjar 4 poin pinalti yang membuatnya harus start paling belakang di Valencia.

Final Race : Gran Premio Motul de la Comunitat Valenciana (8 November 2015)

Balik ke Eropa lagi, tepatnya Spanyol (lagi lagi Spanyol). Balap ini menjadi balap terakhir Bridgestone sebagai supplier ban satu satunya di MotoGP sebelum digantikan Michelin tahun depan dan balap terakhir si no 69, Nicky Hayden sebelum ia pindah ke WSBK tahun depan. FIM (Federasi balap motor internasional) memberi gelar Nicky Hayden sebagai MotoGP Legend ke 22.

valencia-12191034_1165525693476742_5422408162590546118_nYang panas disini, Rossi start dari posisi paling belakang karena bandingnya ditolak sementara Lorenzo yang hanya terpaut 7 poin dengan Rossi berhasil pole diikuti Marquez dan Pedrosa. Race Start dan Rossi akhirnya berhasil menyodok ke posisi 4 setelah berjuang melewati beberapa pembalap dari belakang. Sialnya karena sudah tertinggal 10 detik lebih dari Pedrosa yang berada diposisi ke 3, Rossi hanya bisa pasrah dan percaya Pedrosa dan Marquez bisa menyalib Lorenzo karena jika Lorenzo finish ke 3 maka yang juara Rossi. Nasib berkata lain, Pedrosa berniat overtake Marquez dan Lorenzo di lap terakhir namun gagal karena Marquez tiba tiba mendapat tenaga berlebih (karena RC213Vnya Marquez pakai karbu kijang mungkin 😛 ) setelah disalib Pedrosa. Akhirnya saat finish, trio Spaniard finish sesuai urutan startnya dan Jorge Lorenzo berhasil menjadi juara dunia MotoGp ke3 kalinya dan menjadi Spaniard pertama yang juara dunia GP motor 3 kali. Selamat ya.

Yah itu tadi sedikit rangkuman MotoGP musim 2015. Buat mbah Rossi sih terus berjuang. Walau tidak jurdun saat ini tapi no 46 berhasil memenangkan hati banyak orang (buktinya lihat aja pas penyerahan piala dan saat Rossi kembali masuk Pit banyak yang menyoraki Vale Vale Vale) termasuk saya :mrgreen . Semoga tahun depan MotoGP bisa lebih seru lagi karen Suzuki sudah jauh lebih ready, tim pabrikan Ducati sudah jadi sekelas dengan Repsol Honda maupun Movistar Yamaha, Ecu semua motor sama dan ban Michelin baru yang ukurannya membesar 1/2 inch jadi 17inch.

Semoga Bermanfaat.

Iklan

3 thoughts on “MotoGP 2015 Telah Selesai, Ini Kilas Balik Singkatnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s