Jenis Pelanggaran Lalu Lintas dan Dendanya

Sekilas info. Nemu di sebuah page facebook bernama portal balikpapan beberapa pelanggaran lalu lintas dan besarnya denda maksimal yang harus dibayar kalau melanggar.

12227551_1075314865821057_7261421226116827824_n

Jika dilihat dendanya lumayan gede ya. Paling kecil 100ribu rupiah untuk tidak menyalakan lampu uatama di siang hari. Uang 100ribu bisa dipake techtonime makan 5 hari tuh. Sedangkan paling besar 3 juta rupiah untuk balapan liar.

Well, perlu diingat pak polisi tidak memiliki wewenang menentukan besaran denda yang harus dibayar pelanggar. Yang berhak menentukan ya pak hakim di pengadilan. Jadi, kalau ditilang minta slip merah aja terus datang ke pengadilan hari jumatnya. Kalau empet sama pak polisi yang nilang, bisa tuh pak polisinya didatangkan (ini kata temen yang kuliah di jurusan hukum lho). Lagipula denda yang diputus hakim biasanya jauh lebih kecil daripada bayar suap/sogokan ke polisi di jalan.

Last, perlu diingat jangan kasih kesempatan kepada polisi korup laknat buat memeras isi dompet anda. Jadi patuhilah aturan lalu lintas demi kenyamanan bersama. Lagipula semua orang pasti benci sama koruptor kan? kalau emang benci sama koruptor jangan ikuti jejak mereka dengan bayar uang sogokan/suap buat damai.

Iklan

Kenapa Lampu Sein Warnanya Orange, Lampu Stop Warnanya Merah dan Lampu Utama Kuning/Putih?

Update artikel biar blog nggak jadi sarang demit :mrgreen: sesuai judul, pernah nggak berfikir kenapa lampu lampu pada kendaraan warnanya bisa standar begitu? Kenapa lampu sein warnanya orange, lampu utama warnanya kuning/putih dan lampu stop dibelakang itu warnanya merah? Kenapa sein nggak dibuat biru, lampu stop jadi hijau dan lampu utama merah aja. Setelah ane cari cari, ternyata jawabannya ternyata ada pas pelajaran fisika di smp/sma bab cahaya. Pantes aja lha wong kalo udah mulai pelajaran Fisika jaman sekolah dulu ane langsung mimpi indah soalnya :mrgreen:

lampu stop ungu sein biru

lampu stop ungu sein biru

Lampu Sein Berwarna Orange

Sejarahnya jaman dulu banyak kecelakaan gara gara orang asal belok kayak emak emak naik motor (maklum, jaman dulu belum ada lampu sein alias reteng ini). Karena itu diciptakan sebuah sinyal berupa bel dimana bel bunyi sekali berarti belok ke kanan kalau 2 kali berarti belok ke kiri. Solusi terpecahkan, hanya saja ketika itu jumlah kendaraan meningkat dan kala terjadi keramaian, driver jadi bingung ini siapa yang bunyiin bell dan ini mau belok kemana. Setelah dipikir pikir lagi akhirnya dipakai metode baru meninggalkan bunyi bunyian dari bell dengan memakai isyarat lampu. Pertanyaanya kenapa warnanya jingga (oranye) dipilih menjadi warna lampu sein? ternyata warna jingga memiliki spektrum warna yang panjang sehingga dapat dilihat dari kejauhan. Beberapa warna dan spektrumnya bisa dilihat dibawah ini:
Merah: 620-750 nm
Jingga: 590-620 nm
Kuning: 570-590 nm
Hijau: 495-570 nm
Biru: 450-495 nm
Ungu: 380-450 nm

Lampu Stop Warna Merah

Masih sama seperti diatas, lampu merah dipakai karena yang paling jelas kelihatan dari jarak jauh. Dengan tingkatan panjang gelombang yang tinggi, warna merah dan jingga atau kuning cenderung lebih direspon dengan baik oleh mata. Coba bayangin kalau diganti warna ungu… bisa bisa ada driver atau rider yang ngebut dibelakang kita tiba tiba nabrak belakang mobil/motor kita karena nggak kelihatan pas malam/hujan. Maka dari itu, tolong janggan ganti warna sinyal penting kayak gini jadi putih, hijau, biru dsb karena beresiko mencelakakan diri kita dan orang lain (lirik motornya alay 🙄 ).

Lampu Vario Techno kuning putih

Lampu Vario Techno kuning putih

Pertanyaan terakhir kenapa lampu utama warnanya kuning/putih ternyata itu sebenarnya cuma dari kebiasaan jaman dulu sebelum lampu ditemukan. Cahaya yang dihasilkan dari nyala api untuk penerangan warnanya mirip mirip kan dengan lampu kendaraan?. Terus bagus mana antara lampu putih dengan lampu kuning untuk headlamp? sebenarnya sama saja. Hanya lampu kuning cenderung bisa menerangi jalanan kala hujan/berkabut karena warna kuning sifatnya beda dengan warna putih yang memantul kembali ketika menyinari aspal basah/kabut. Lain cerita kalau sudah pakai hitung hitungan professor seperti lampu utama Vario Fi, GT125 dsb.semoga mencerahkan.

MotoGP 2015 Telah Selesai, Ini Kilas Balik Singkatnya

MotoGP baru saja selesai hari ini (8 November 2015) di sirkuit Ricardo Tomo Valencia Spanyol. Juara Dunia Grand Prix Motorcycle alias MotoGp tahun ini jatuh ke tangan jorge Lorenzo yang menurut banyak orang terdapat campur tangan dari posisi 3 Marc Marquez. Posisi 2 diambil alih oleh Valentino Rossi yang hanya terpaut 5 poin dari Jorge Lorenzo. Race pertama musim 2015 ini dimulai sejak 29 Maret 2015 di Lusail Qatar hingga ditutup oleh race terakhir di Ricardo Tomo Valencia Spanyol ini menyisakan banyak kejadian dramatis yang membumbui setiap gelaran MotoGp ini. Berikut beberapa kejadian kejadian yang terjadi selama MotoGP musim 2015 berlangsung.

Race 1 : Commercial Bank Grand Prix of Qatar (29 Maret 2015)

qatar-384397_620_tempoco Baca lebih lanjut