Aksi SepangClash Rossi vs Marquez Bisa Bikin Rossi Gagal Jurdun 10X

sekali kali bahas MotoGP. GP Malaysia 2015 berlangsung dramatis. Diawal awal lap penonton disuguhi persaingan sengit antara 4 pembalap pabrikan utama (Repsol Honda & Movistar Yamaha). Setelah beberapa lap, terjadi persaingan sengit antara Marc Marquez dengan Valentino Rossi setelah Marquez diduga membiarkan Jorge Lorenzo mengambil alih posisi 2. Salib menyalib di tikungan hingga side by side antar 2 pembalap ini membuat jalannya race menjadi seru. Sayangnya aksi mamakes dalam membalap membuat kesabaran mbah rosi habis hingga akhirnya di lap 5, mbah rossi “menendang” mamakes yang membuatnya jatuh lalu masik ke pit.

Valentino Rossi vs Marc Marquez sepang clash

Valentino Rossi vs Marc Marquez sepang clash

Akibat dari insiden ini, race director akhirnya mengganjar Rossi dengan 3 poin pinalti. Karena sebelumnya Rossi sudah memiliki 1 poin, maka saat ini ia mendapat 4 poin pinalti yang ditukarkan dengan start paling belakang di GP Valencia. Dengan selisih 7 poin dengan Jorge Lorenzo membuat Rossi berada diposisi yang sulit jika ingin mengambil gelar juara dunia 2015 ini. Sebenarnya Valentino Rosii masih punya peluang memenangi MotoGP 2015 ini jika :

  1. Lorenzo jatuh dan tidak mendapat point
  2. Lorenzo finish 1 maka Rossi harus finish 2
  3. Lorenzo finish 2 maka Rossi minimal finish 3
  4. Lorenzo finish 3 maka Rossi minimal finish 6
  5. Lorenzo finish 4 maka Rossi minimal finish 9
  6. Lorenzo finish 5 maka Rossi minimal finish 11
  7. Lorenzo finish 6 maka Rossi minimal finish 12
  8. Lorenzo finish 7 maka Rossi minimal finish 13
  9. Lorenzo finish 9 maka Rossi minimal finish 15
  10. Lorenzo finish 10 maka Rossi otomatis juara

Jika dilihat, dengan Rossi yang pastinya start dari posisi belakang akan membuat sulit simbah dari Itali ini untuk merebut gelar jurdun 2015 ini. Diperparah kalau Lorenzo berhasil merebut pole position di Valencia, hanya keajaiban yang bisa membuat Rossi meraih gelar juara dunia.

Ngomong omong, ada yang tau kenapa Rossi tidak langsung di diskualifikasi setelah diputuskan bersalah “menendang” Marquez? IMHO jawabannya sih karena tanpa Rossi tak akan ada MotoGP. Tanpa adanya pembalap top seperti Rossi, dipastikan gelaran motogp langsung sepi penonton. Sama seperti F1 jaman Michael Schumacer, kalau Schumacer bersama atau hanya Ferrari saja yang terlibat insiden, maka keduanya bakal dibela habis habisan karena tanpa adanya keduanya, F1 bakal menjadi sepi  kayak sekarang :mrgreen:

BTW nih, ane jadi inget F1 GP jepang 1989 dimana kejadiannya hampir mirip dengan #SepangClash antara Rossi dan Marquez. Ketika itu, ke2 pembalap Mclaren-Honda, Alain Prost dan Ayrton Senna sedang panas panasnya memperebutkan gelar jurdun 89. Saking ngototnya kedua pembalap ini, akhirnya mereka berdua crash. Karena mesin mobil Prost mati maka hanya Senna yang kembali membalap. Sialnya setelah finish, Senna langsung didiskualifikasi karena tidak melewati chicane setelah tabrakan dan akhirnya yang juara tahun 1989 adalah Alain Prost. Jaman segitu tegas ya aturannya. Kalau dijalankan di MotoGP sekarang, 2 minggu lagi ane males nonton GP Valencia karena udah ketebak pemenangnya. BTW siapa nih jagoan mu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s