Review Android 6.0 Marshmallow di Evercoss Android One

marshmallowAndroid One emang jos soal update OS terbarunya. Pada hari Kamis minggu kemarin dapet notifikasi ada update baru untuk Android 6.0 alias Marshmallow dari yang sebelumnya 5.1.1 Lolipop. Setelah perjuangan download 300mb an pake kartu 3 dengan sinyal Edge karena sinyal didalam kamar kos jelek, sekitar Jumat pagi akhirnya beres update ke Android 6. Apa beda Android Lollipop dengan Marshmallow? monggo disimak sedikit review dari nyubi ini.

Interface

Menggunakan Android material design, tampilan Android Marshmallow ini 11 12 dengan Android Lollipop. Sepintas, tidak ada perbedaan dengan pendahulunya. Setelah dilihat lebih detail ternyata ada beberapa perbedaan dibanding Lollipop. Dari lock screen, font untuk jam sepertinya sudah diganti. Selain itu shortcut di lockscreen juga sedikit diubah dengan mengganti shortcut telefon menjadi shortcut input suara. Tampilan menu juga berubah. Bila sebelumnya untuk mencari ikon aplikasi yang dicari di menu bisa dilakukan dengan cara menggeser ke kanan dan kekiri, di Android M ini. Selebihnya monggo disimak screenshot dari layar si eva alias Evercross Android One :mrgreen:homescreenlockscreenmenuFitur

Biasanya dalam sebuah software, kalau angka versinya sudah ganti (misal v1.0 menjadi v2.0) ada banyak perubahan. Salah satu perubahan yang ada di Android M ini salah satunya adalah penambahan fitur fitur baru. Beberapa fitur yang sudah ane rasakan manfaatnya antara lain (sebenarnya masih banyak, cuma yang baru kerasa manfaatnya cuma 2 ini tok) :

Google Now on tap

Tau Google Now kan? itu lho Aplikasi yang siap memberikan beragam informasi lewat perintah suara. Aplikasi ini, kini bisa diaktifkan dengan cara menekan tombol home beberapa saat, lalu secara otomatis bisa langsung melakukan perintah suara untuk mencari informasi. Now on tap ini tidak melulu harus ketika dalam Home screen. Ketika bermain game pun misalnya juga bisa membuka Google Now on tap. Katanya sih Google Now on Tap ini mirip dengan Siri nya Apple (katanya lho… ane nggak pernah megang ipin sih :sad )

Doze

Fitur ini semacam ISS kalo dimotor matic Honda. Jadi ketika smartphone tidak sedang digunakan, daya baterai yang digunakan diirit sedemikian rupa sehingga tidak ada daya baterai yang terbuang sia sia. Manfaatnya udah mulai kerasa ketika masih pake lollipop dari 100& berkurang menjadi sekitar 70an % ketika ditinggal tidur  sambil menunggu alarm membangunkan, sementara di Marshmallow dalam kondisi yang sama baterai masih sisa sekitar 80an %. Walau sedikit tentunya ada peningkatan dong :mrgreen:

Performa

Dibandingkan dengan Lollipop, Marshmallow ini kecepatannya meningkat secara signifikan. Sebagai pembanding, 2 Hp teman ane (Sony Xperia custom ROM lollipop 5.1 dan Phablet Asus Lollipop 5.0) dipake buat buka aplikasi yang sama bersamaan. Aplikasi yang dibuka dicari yang sama sama punya seperti Youtube, Waze, BBM, sama beberapa app bawaan seperti kamera. Hasilnya lumayan masbro. Rata rata Marshmallow bisa membuka 2 sampai 3 detik lebih cepat dibanding smartphone teman yang speknya sebenarnya tidak jauh berbeda.2015_10_17_18.27.40Demikian review super singkat Android 6.0 Marsmallow ini. Maaf nggak bisa lama lama karena kayaknya emang rada nggak bakat maenan HP 😆

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s