Motor CBU yang Dikloning motor Cina dan Lokal

Dalam industri otomotif tidak selalu begitu selesai ngurus perusahaan langung bikin mobil atau motor yang dibuat sendiri. Membuat sebuah prototype mobil atau motor dari nol tidak bisa langsung sehari semalam jadi walaupun mungkin ketika sudah jadi, satu unit mobil atau motor tersebut bisa diproduksi hanya dalam waktu beberapa menit saja. Hal ini dikarenakan membuat barang engineering membutuhkan banyak perhitungan yang membuat kepala cepat beruban lalu botak. Misal saja dalam sebuah disk brake mungkin saja tercampur kandungan aluminium walaupun 0,sekian persen. Campuran tadi dimaksudkan agar ketika rem bekerja dengan keras, disk brake tidak langsung pecah atau peyang setelah digunakan. Emang situ mau selesai ngerem mobil atau motornya protol ditengah jalan :mrgreen: .Karenanya tidak sedikit pabrikan otomotif yang membeli hasil penelitian dari pabrikan otomotif lainnya yang sudah mapan. Contohnya saja Kia. Pabrikan asal Korea Selatan ini awalnya 11-12 dengan Mazda dari Jepang. Setelah beberapa tahun berlalu, Kia akhirnya bisa membuat mobilnya sendiri tanpa campur tangan Mazda seperti Kia Picanto, Sportage, Grand Avega dll. Dulu sebelum Mitsubishi membuat Pajero yang gagah itu, Mitsubishi pernah membuat jip willys ala Mitsubishi (pake lisensi tapi bikinnya). BMW juga sebelum bikin mobil mobil yang keceh itu juga awalnya cuma membuat mobil Inggris berlisensi dari Austin (mobilnya Austin 7).

Kali ini ane akan ngebahas beberapa motor produksi lokal dan motor cina yang mirip mirip dengan motor CBU yang tidak beredar di Indonesia. Kenapa motor CBU? tau sendiri kan orang Indonesia itu gengsinya tinggi. Apa kata orang kalo kita naik motor kloningan sejuta umat yang juga beredar di Indonesia? kalo naeknya motor kloningan motor CBU yang tidak beredar di Indonesia kan setidaknya ente bisa ngeles ini motor impor :mrgreen: . Mirip mirip disini selain desain juga bisa mirip mirip secara teknis. Misalnya saja bentuk rangka dan mesin karena dalam badge engineering, yang paling mudah selain ganti logo ya ganti body. Apa saja motor motornya? monggo disimak.

Yamaha YZF-R125

Siapa yang nggak suka sama motor sport fairing entry level yang dijual Yamaha uni eropa ini. Biarpun cuma 125cc, mesinnya yang satu platform dengan vixion ini aslinya bisa menyemburkan tenaga hingga 15hp. Saking kerennya motor ini, tidak sedikit pengguna vixion dan R15 yang memodifikasi tungganganya biar mirip dengan R125. Kalau mau Yamaha R125 ini bisa ditunggangi di jalanan Indonesia, cukup siapkan rupiah sebanyak 96 juta. Nggak punya uang? santai saja… ada yang namanya Minerva R150RX yang bisa ditebus dengan uang sekitar 20 jutaan untuk unit barunya.

mocin1Kalau YZF kecil bermesin 125cc SOHC 4 valve dengan pendingin radiator dan bisa menghasilkan tenaga hingga 15hp, R150VX ini dibekali dengan mesin 150cc SOHC juga tapi 2 valve dan bependingin cairan. Konon sih mesinnya mirip Honda GL series yang beredar tahun 1990an.

Honda XR125

Kalau tadi membahas sport berfairing, kali ini motor yang diciptakan tangguh untuk melintasi alam liar. Honda XR adalah seri motor trail Honda sebelum klan CRF muncul sekitar tahun 2000. Karena ketangguhannya, tidak sedikit pabrikan otomotif asal negeri tirai bambu yang mengkloning motor ini. Pabrikan lokal Indonesia pun nggak mau kalah dengan negeri tirai bambu, setahu ane hampir semua motor trail lokal mengacu pada desain motor trail honda ini. Contoh yang beredar ya seperti Viar Cross X 150 dan 200 cc.

mocin2Kalau trail XR125 aslinya hanya dibekali mesin 125cc single cylinder, motor made in Semarang ini dibekali mesin 150cc dan 200cc yang konon mirip dengan Honda GL series (GL100, GL pro, GL Max, Mega Pro, Tiger). Agak berbeda dengan aslinya, motor Viar ini memiliki desain body yang berbeda dengan XR125. Paling mirip setahu ane ya cuma basis mesin dan rangkanya.

Yamaha X1R

Tau Honda Sonic RS 125? motor ayago yang populer di Thailand ini punya kembaran berbentuk nyeleneh bernama Honda CS1. Yamaha sendiri sebenarnya juga punya kembaran Yamaha Jupiter MX (diluar negri bernama Exciter, 135LC, Spark, dll) dengan bentuk yang sedikit nyeleneh dengan nama Yamaha X1R.

mocin3Sayangnya Yamaha X1R hanya dijual diwilayah Indochina seperti Thailand, Vietnam dan sekitarnya. Kalau ingin memboyongnya ke Indonesia ya siap siap berurusan sama petugas bea cukai soalnya motor ini sudah lama discontinue dan di Indonesia sendiri ada aturan tidak boleh impor kendaraan bekas selain truk 😦 . Tapi nggak usah khawatir. Di Indonesia sendiri ada Viar Star CX dan Happy Sporty R yang punya bentuk mirip dengan bebek super Yamaha yang satu ini. Tapi ya itu… mesinnya jangan ngarep dapet mesin Minarelli SOHC 4 valve 135cc, mentok juga mesin mirip Honda C series yang ada di bebek sekelas Supra / Astrea.

Honda CBR125R/CBR150R

Yang ini nggak usah ditanya lagi… yang asli banyak yang mirip juga nggak kalah banyaknya :mrgreen: . Mesin CBR aslinya SOHC 2 valve 125cc berpendingin cairan atau DOHC 4 valve 150cc berpendingin cairan tidak ikut terfotokopi. Biasanya sih mesin yang digunakan sebatas mirip mesin GL series.mocin4

Yamaha Virago 250

Pernah ane bahas sebelumnya di Mau Motor 250cc V-Twin murah?. Motornya sendiri Yamaha V star KW super. Mulai dari bodi sampai mesinnya. Mesinnya sendiri walau sudah V-twin 250cc tapi dilihat dari spesifikasinya mirip mirip Tiger (power sekitar 16hp). Walau powernya kecil nggak usah khawatir. Suara 2 silindernya biasanya udah bikin puas kok. Lagian motor bentuk choper gini dipake balap juga nggak cocok. Cocoknya sih ya berpetualang keliling Indonesia tercinta.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s