Bayar Pajak dan Ganti Plat di Samsat Kab Magelang

Tanggal 22 Juli 2015 tepat setelah cuti bersama berakhir masa berlaku stnk dan plat Vario Techno keluaran 2010 ane sudah berakhir. Sebagai wajib pajak yang sadar kalau uang yang disetor kenegara nantinya digunakan untuk pembangunan yang nantinya bisa dinikmati banyak orang termasuk ane sendiri (walaupun mungkin nantinya ada yang masuk kantong pribadi oknum tapi yakinlah kalau yang maha kuasa kelak akan membalasnya). Berbeda dengan saat membayar pajak tahunan Vario keluaran 2006 milik ibu ane yang hanya memakan waktu 10 menit kalo antri di samsat cepat, di Samsat kota Mungkid ini ane butuh waktu sekitar 1 jam karena bingung ini mau kemana setelah itu kemana. Nah biar wong Magelang lain nggak bingung kayak ane, nih ane jelasin langkah langkahnya.

Biar mudah dan murah, sebelumnya siapkan dulu fotokopi BPKB 1 lembar, Fotokopi KTP 1 lembar, Fotokopi STNK dan SKPD atau Surat Ketetapan Pajak Daerah yang biasanya ada di balik STNK 1 lembar. Jangan lupa bawa KTP asli, STNK asli dan BPKB.

gesek-nosin

Gesek nosin Vario

Pertama tama gesek noka dan nosin di tempat yang disediakan dari gerbang depan samsat, langsung saja melipir ke kiri (ada tandanya) untuk antri gesek noka dan nosin. Petugas urusan gesek menggesek ini ada 3 orang. Kalau mau cepet antri dibagian petugas yang masih muda. Kalau sabar antri di bagian petugas yang sudah sepuh :mrgreen: .

samsat-kab-magelangSetelah itu ambil formulir pendaftaran di foto angka 1. Dikenakan biaya 25.000 Rupiah sama petugasnya 😦 setelah itu mintakan tanda tangan dan cap di loket belakangnya (di foto nomer 2). Di loket ini dikenakan biaya lagi sebesar 30.000 rupiah. Selesai minta cap, serahkan berkas berkas (kecuali BPKB) di loket pojok kiri (di foto nomer 3). Sembari diurus sama petugas, bisa menunggu di tempat yang disediakan. Setelah berkas selesai diurus petugas, akan dipanggil namanya satu persatu untuk mengambil berkas. Setelah berkas didapatkan, masuk ke dalam gedung lalu serahkan ke bagian pendaftaran (di foto bawah nomer 1).

samsat-kab-magelang2Setelah menyerahkan berkas, nantinya nama kita akan kembali dipanggil untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan SWDKLLJ diloket pembayaran (foto nomer 2). Vario Techno keluaran 2010 ane membayar 190.500 rupiah untuk PKB ditambah 35.000 rupiah untuk SWDKLLJ. Lunas pembayaran, akan diberi bukti pembayaran. Setelah itu antri lagi dipanggil namanya untuk membayar biaya administrasi STNK dan TNKB di loket  yang disediakan (di foto angka 3) sebesar 50.000 ribu. 30 ribu untuk administrasi TNKB baru dan 20 untuk administrasi STNK. Setelah itu tunggu sampai nama kita dipanggil lagi untuk mengambil STNK dan TNKB baru (foto angka no 4). Setelah itu? selesai (sayang plat ane kata mbak mbak polwan jadinya Januari 😦 ).

Sebagai tambahan, tidak ada calo di Samsat kabupaten Magelang ini (Good Job pak). Kalau lupa fotokopi disediakan tempat fotokopi (tapi bayar 2000). Sama satu lagi, kalo lagi nunggu panggilan jangan terlalu asyik baca baca atau main gadget. Biar nanti kalo dipanggil bisa langsung tanggap.

Semoga bermanfaat.

Iklan

15 thoughts on “Bayar Pajak dan Ganti Plat di Samsat Kab Magelang

  1. Plat nomornya januari…. Bertahun-tahun masalah ini belum kelar juga, kapan ya bisa langsung dapat kaya dulu lagi…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s