Mengenal Apa itu Street Tracker

Sudah sekitar 2-3 bulanan ini ane jadi kepikiran buat bikin motor street tracker. Pertanyaannya apa itu motor Street Tracker?

Awal mulanya sekitar tahun 60an sampai dengan 70an Ketika balap AMA Grand National Championship atau juga dikenal sebagai Flat Track Racing di Amerika sama menjadi balapan utama (kira kira sama seperti sebagaimana kita nonton Moto GP). Beberapa pembalap ngetop ajang ini seperti Dick Mann, Mert Lawwill, Gane Romero, sampai mantan (ketika itu baru calon) juara dunia GP500 1978-1980 Kenny Roberts atau yang lebih dikenal sebagai Kenny Roberts Sr.

Harley Davidson XR750

Harley Davidson XR750

Banyak pembalap yang begitu mencintai motor yang digunakannya ketika berlaga diajang flat track racing. Saking cintanya, mereka ingin motor balap mereka yang notabene illegal buat dipakai dijalan raya (karena nggak punya lampu lampu, speedometer, rem depan, klakson, spion, dll) bisa diajak keliling kota secara sah (street legal). Karena keinginannya itulah para pembalap memodifikasi motornya dengan menambahkan perangkat street legal. Beberapa motor seperti Yamaha XS650 dan Harley Davidson XR-750 yang berlaga di ajang flat track racing tadi dimodifikasi menjadi street legal. Hasil modifikasi inilah yang kini dikenal sebagai Street Tracker.

Sekarang motor street tracker tidak melulu merupakan hasil custom dari motor-motor yang berlaga diajang flat track racing. Beberapa pabrikan malah sudah membuat produk bergenre street tracker dari pabrik seperti Honda yang membuat FTR223 dan FTR250 atau Suzuki yang membuat TU250G Grass Tracker dan TU250GB Grasstracker Big boy yang berbasis GSX 250 Thunder yang pernah hadir disini.

Honda FTR250

Honda FTR250

Motor Street Tracker mempunyai ciri ciri seperti tangki yang kecil, mesin bisa silinder jomblo atau twin, velg jari jari, jok yang rata dan ramping, fender kecil untuk ruang lampu belakang dan stang yang sedikit lebar. Kalau mau membangun motor street tracker tidak harus memakai basis Yamaha XS650 atau Harley Davidson XR-750. Motor motor lokal seperti Honda CB GL Series, Tiger, Mega Pro, Yamaha Scorpio, Kawasaki Binter Merzy dan Suzuki Thunder juga bisa dipakai sebagai basis buat membangun motor street tracker. Tidak melulu harus motor naked dengan mesin sederhana saja yang bisa dibuat street tracker, motor canggih seperti Suzuki Inazuma, Kawasaki Ninja, sampai Yamaha R1 kalau mau juga bisa dibuat street tracker (asal punya pohon duit aja :mrgreen: ).

refrensi:

http://www.allaboutbikes.com/feature-articles/motorcycle-basics/6868-evolution-of-the-street-tracker

https://www.2wheeltuesday.com/2010/12/how-street-trackers-came-to-life/

http://en.wikipedia.org

Iklan

One thought on “Mengenal Apa itu Street Tracker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s