Naik Motor Bisa Meningkatkan Kesehatan? Berikut Penjelasannya

Naik motor selain bisa menjadi ajang ngirit sekaligus menghemat waktu untuk menempuh tujuan jika dibandingkan naik mobil misalnya, ternyata naik sepeda motor juga bisa meningkatkan kesehatan pengendaranya. Nggak percaya? nah berikut ada infografis dari Bikeportal tentang manfaat kesehatan naik motor yang ditulis dalam bahasa Inggris. Nggak bisa bahasa Inggris? ya sudah, ane jabarin satu satu pakai Bahasa Indonesia biar semuanya paham 😀 .

infografis "How Motorcycling improves Physical Health"

infografis “How Motorcycling improves Physical Health”

Menyehatkan dan menguatkan lutut dan paha

Motoran akan dapat memperkuat otot dan tulang lutut. Terutama buat yang suka cornering. Selain itu motoran dapat menyembuhkan nyeri lutut dan mencegahnya. Selain lutut, motoran juga memperkuat otot paha dan otot betis.

Menjaga stang motor agar tidak goyang ke kanan dan kekiri, menjaga kecepatan rendah terutama ketika belok dapat memperkuat otot-otot perut. Bagi yang hobi naik motor tentunya jauh lebih menyenangkan memperkuat otot perut sambil motoran daripada melakukan sit up di gym 😀 .

Meningkatkan sensitivitas hormon insulin
bertindak sebagai latihan ringan meningkatkan sensitivitas insulin untuk sampai dengan 8 jam setelah naik motor. Hormon insulin sendiri adalah sebuah hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat. Selain itu motoran juga membantu dalam penurunan berat badan karena insulin adalah hormon yang menyimpanan lemak. Sensitivitas insulin yang meningkat juga penting bagi orang yang mempunyai penyakit diabetes tipe 2.

Membakar Kalori
Naik sepeda motor dapat membakar kalori. Kalori dapat terbakar karena ketika naik motor dibutuhkan tenaga untuk menjaga keseimbangan, nikung, ngerem, kopling, melawan arah angin, dll. Riding dengan melawan arah angin dapat membakar sejumlah besar kalori tubuh karena otot akan mengencang agar pengendara tidak jatuh dari motornya dan terbawa angin. Sebagai catatan seorang pengendara motorcross membakar sampai dengan 600 kalori per jam, sedangkan rata rata orang dengan melakukan aktivitas sehari hari dapat membakar 200-300 kalori per jam.

Meningkatkan kekuatan leher
Peraturan pertama naik motor adalah memakai helm yang pas dengan ukuran kepala. Selain bermanfaat melindungi kepala dari benturan ketika terjadi kecelakaan, mengenakan helm selama beberapa jam sehari akan memperkuat leher baik sambil naik motor maupun tidak.

Terakhir, naik motor dapat dijadikan sebagai terapi untuk menghilangkan stres karena setelah naik sepeda motor biasanya orang akan kembali energic dan bahagia. Kecuali kalau sepanjang perjalanan ketemu macet, biker idiot, ditilang polisi dll :mrgreen: Selama riding hormon endorfin akan terlepas dan mengakibatkan meningkatnya mood. Selain itu ketika riding kita akan terkena paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D. Selain itu riding dapat memberikan waktu berkualitas bagi pengendaranya sewaktu sendirian dan dapat melepas stress karena rutinitas sehari hari.

Semoga menginspirasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s