Cara Cek Kondisi Oli

Ibarat darah dalam tubuh manusia, oli berperan penting untuk melumasi bagian bagian dalam mesin mobil/motor kita. Bayangkan saja kalau nggak ada oli didalam mesin, bisa bisa baru digeber 5 menit udah jadi serbuk besi mesinnya :mrgreen: . Menurut buku panduan (atau buku manual) pabrikan merekomendasikan menggunakan oli jenis tertentu dan diganti setiap rentang beberapa ribu km sekali. Di buku manual Vartech (Vario Techno) ane sendiri, AHM merekomendasikan memakai oli dengan spesifikasi SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MB dan diganti setiap 4000km.

AHM Oil bawaan

 

Kenyataan di lapangan ada motor yang tiap hari terkena macet terus menerus sehingga logikanya walaupun hanya berjalan 1000km dalam 1 bulan namun karena kena macet terus menerus tadi mesin seakan akan sudah berjalan 2000km. Selain itu ada juga yang jarang banget menggunakan motornya sehingga walaupun sudah 1 tahun sejak terakhir kali ganti oli. 2 kondisi ini membuat patokan 4000km sekali ganti oli menjadi tidak pasti.

Ternyata selain melihat dari jarak yang tertera di odometer, ada cara lain untuk memastikan saatnya ganti oli atau belum. Modalnya cukup setetes oli dan tisu. Langkahnya, pertama tama teteskan oli ke permukaan lalu sesuaikan dengan tabel oli dibawah ini.

tabel oli

tabel oli

semoga bermanfaat.

Iklan

Yamaha R25 Sebenarnya Buatan Mana?

Lama nggak update, maklum lah lagi menyelamatkan nilai biar semester ini nggak hancur :mrgreen: posting yang ringan ringan saja.

Iseng lihat motor-motor baru buatan pabrikan Jepang buat cari inspirasi, ntah kenapa malah nyasar ke sebuah web (diler motor mungkin) yang jualan motor merk Yamaha, Suzuki dan Honda. Iseng klik salah satu motor berdasarkan besarnya kapasitas engine dan dapat info kalau ternyata Honda SH125 Mode itu buatan  ベトナム alias Vietnam (kirain Thailand sama kayak CBR125 diatasnya).

shmodeKarena keasyikan dapet info asal muasal motor beserta spek JDMnya, iseng menjelajah lebih dalem lagi sampai akhirnya berhenti di bagian Yamaha kelas 126-250cc dan mendarat di Yamaha YZF-R25. Jujur saja ane agak mendalami bagian R25 ini karena tulisan yang digaris bawah merah ini.

r25Disitu ditulis 製造国 : 中国 atau buatan Jepang. Agak heran karena kita tahu kalau R25 ini buatan Yamaha Indonesia dan berita pas peluncurannya juga bilang demikian. Apa karena ditulis spek Jepang (karena tulisan 日本仕様) ya? tapi coba lihat ke Suzuki Address (UK 110) yang juga digembar gemborkan buatan Indonesia.

addressLah ternyata Suzuki Address ini ditulis buatan Indonesia (製造国 : インドネシア). Kok bisa? padahal sama sama spek Jepang. Apa cuma salah ketik atau memang R25 di negara asalnya bukan berasal dari sini dengan berbagai macam perbedaan? entahlah :mrgreen:

Mau Motor 250cc V-Twin Dibawah 30 juta?

Sesuai dengan judul diatas mau punya motor dengan mesin V twin seperti Honda VTR, Suzuki RGV250, Yamaha Virago atau Aprilia RS250 namun berharga murah ? (anggap saja 30 juta itu murah. Lha wong Ninja250 atau R25 aja harganya diatas 40 jutaan lebih kok). Kalau iya silahkan disimak monggo disimak lebih mendalam :mrgreen:

Morgan Super Sport tahun 1934 bermesin V twin

Morgan Super Sport tahun 1934 bermesin V twin

Baca lebih lanjut

Cara Mencegah Pencurian Dengan Stiker

Jepang adalah sebuah negara yang tidak henti hentinya membuat inovasi yang membuat orang lain heran sambil berkata WTF (What The F***) dalam hati setelah melihat hasil penemuan mereka. Salah satu penemuan yang aneh bin nyeleneh dari Jepang ini adalah sebuah “Kotoran Burung” untuk mencegah Pencurian Sepeda/Motor.

stiker-telek1 Baca lebih lanjut

Naik Motor Bisa Meningkatkan Kesehatan? Berikut Penjelasannya

Naik motor selain bisa menjadi ajang ngirit sekaligus menghemat waktu untuk menempuh tujuan jika dibandingkan naik mobil misalnya, ternyata naik sepeda motor juga bisa meningkatkan kesehatan pengendaranya. Nggak percaya? nah berikut ada infografis dari Bikeportal tentang manfaat kesehatan naik motor yang ditulis dalam bahasa Inggris. Nggak bisa bahasa Inggris? ya sudah, ane jabarin satu satu pakai Bahasa Indonesia biar semuanya paham 😀 .

infografis "How Motorcycling improves Physical Health"

infografis “How Motorcycling improves Physical Health”

Menyehatkan dan menguatkan lutut dan paha Baca lebih lanjut