Ganti Drive Belt Vario Techno

Drive belt atau yang biasa disebut V-belt, Belt, atau Sabuk adalah sebuah part pada motor dengan sistem transmisi otomatis CVT. Fungsi part ini mirip dengan fungsi rantai pada motor manual seperti bebek ataupun sport.

Vario Techno ke AHASS

Vario Techno ke AHASS

Pada hari jumat malam kemarin terdengar suara yang tidak mengenakkan dari daerah CVT vartech ane ketika digeber diatas 80 km/jam. Feeling mengatakan “ini pasti gara gara belt minta dipensiunin”. Tidak mau ambil resiko ane pelanin motor sambil nyari bengkel yang masih buka. Sialnya karena sudah lewat jam 9 malam dan ane sedang berada di jalan yang kanan kirinya sawah ane nggak nemuin 1 pun bengkel yang buka. Setelah berjalan kurang lebih 3 km, suara “grok grok” dari area CVT pun semakin keras. Diperparah lagi jalannya vartech sudah endut endutan ketika dijalankan di kecepatan rendah. Setelah kira kira setengah kilometer kemudian mesin pun mati dan ban belakang pun mengunci (bukan mengunci sebenarnya… cuma didorong berat). Dengan sangat terpaksa akhirnya telpon bapak selaku mentri keuangan buat melaporkan masalah sekaligus minta derek 😀 .

Pagi harinya Vartech dibawa ke AHASS Secang setelah beberapa lamanya nggak pernah ke AHASS lagi. Berhubung masih ngantuk dan capek gara gara kemarin dorong motor ke tempat yang rame (rawan begal soalnya) dengan kondisi roda yang rada berat, ketika daftar langsung bilang ganti belt sama rollernya satu set. Ketika di cek oleh mekaniknya ternyata pulley atau rumah rollernya juga ikutan ambyar :/ ya sudah deh ikut ganti sekalian… totalnya jadi 267.000 rupiah saja sudah termasuk jasa 25.000 rupiah dengan rincian vbelt set sebesar 170.000rupiah dan rumah roller 72.000 rupiah.

Biaya Ganti Drive Belt Vario

Biaya Ganti Drive Belt Vario

Sebenarnya v belt putus ditengah jalan seperti ini bisa dihindari dengan cara mengganti setiap 24.000 km (Sesuai buku servis dan garansi). Cuma berhubung anenya ndablek ditambah duit dari mentri keuangan belum turun ya terpaksa terus dipakai sampai 5 tahun.

Semoga bermanfaat.

Iklan

5 thoughts on “Ganti Drive Belt Vario Techno

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s