Mengenal Teknologi Forced Induction

Tau apa itu forced induction? menurut wikipedia forced induction adalah proses mendistribusikan udara terkompresi ke dalam mesin pembakaran dalam.  Mesin forced induction ini menggunakan kompresor udara untuk meningkatkan tekanan, temperatur dan kepadatan dari udara. Ketika udara yang sangat pada tersebut dicampurkan dengan bahan bakar dan dibakar, maka akan menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar dari pada mesin tanpa forces induction. Mesin tanpa Forced induction biasa disebut dengan mesin Naturally Aspirated.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin dengan forced induction ini bisa setara atau malah lebih besar dibandingkan dengan mesin dengan kapasitas yang lebih besar. Sebagai pembanding sebuah Mitsubishi Lancer Evolution FQ400 yang hanya bermesin 2000cc 4 silinder segaris bisa menyemburkan tenaga hingga 400hp. Sedangkan Dodge Charger first gen bermesin 383 cubic inch (6300cc) V8 hanya bisa menghasilkan 325hp

Beberapa macam kompresor mesin forced induction yang populer adalah Turbo dan Supercharger. Prinsip cara kerja keduanya hampir mirip. Perbedaannya pada turbocharger (biasa disingkat turbo dan biasanya diletakkan di saluran gas buang atau bahasa Inggrisnya exhaust manifold) gas buang yang melewati kipas turbin akan menyebabkan turbin berputar. Semakin banyak gas buang yang melewati kipas turbin akan semakin kencang kipas ini berputar. Dibagian lain turbin ini terdapat kipas kompresor yang memompa udara ke ruang bakar. Tipe Kompresor ini adalah sebuah pompa sentrifugal (pompa dengan gerakan melingkar). Sedangkan Supercharger memanfaatkan putaran mesin untuk memutar turbinnya.

Sepeda motor terutama motor kecil (dibawah 250cc) sendiri sebenarnya bisa mengaplikasikan turbo ataupun supercharger. Namun karena motor kecil dibuat dan dijual untuk kalangan bawah yang hanya mengejar iriiiiiiiiit maka ketika motor diberi turbo atau supercharger bisa jadi malah jebol mesinnya karena kualitas materialnya tidak terlalu bagus. Walau begitu diluar sana ada saja orang gila yang memasang turbo pada motor kecilnya contohnya di video dibawah ini (skuter 50cc pake turbo) :

Pada dunia balap teknologi ini kadang dilarang oleh penyelenggara, namun begitu ada saja yang tetep “ngeyel” memakai forced induction seperti HRC (Honda) pada NSF250 nya. Agar bisa melewati regulasi, pada NSF250 corong masukknya udara dibuat seolah olah dipaksa masuk lebih banyak sehingga manfaatnya seperti menggunakan forced induction walaupun tidak memakai forced induction sama sekali.

Jadi ketika ada wacana new CBR250RR dengan mesin inline 2 silindernya mampu menghasilkan tenaga hingga 40hp ya mungkin saja jika menggunakan forced induction. Walau begitu ane sendiri masih ragu karena Honda biasanya suka bermain mesin Naturally aspirated ditambah katup variabel VTEC seperti pada S2000 dan NSX.

Iklan

2 thoughts on “Mengenal Teknologi Forced Induction

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s