Opini : Kurang Yakin Dengan CBR250 Twin

Disamping kabar persaingan panas antara New Jupiter MX King 150 dengan calon bebek ayago dari Honda (CS1 Reborn), ada desas desus tentang CBR250R bermesin V-twin berkapasitas 250cc yang diambil dari Honda VTR 250 yang beredar di Jepang sana. Lebih hebatnya lagi mesin dari calon sport 250cc dari Honda ini dikabarkan akan sanggup menyemburkan tenaga hingga 40Hp. Sepintas hal tersebut bukan mustahil untuk pabrikan sekelas Honda/AHM. Dengan keuntungan yang sangat besar dari penjualan produk sepeda motornya ditambah dibangunnya pabrik yang mumpuni untuk membuat sebuah motor bermesin V DOHC silinder ganda mungkin semudah menancapkan UPS eh USB ke komputer. Namun menurut saya sendiri rasanya sedikit ragu dengan hal itu.

Honda VTR250 2009

Honda VTR250 2009

Kenapa demikian? coba simak penjelasan CB series dan CBR series dari berbagai sumber yang sudah ane terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia (semoga nggak salah).

Honda CB Series adalah sepeda motor yang digunakan untuk jalan umum yang kebanyakan digunakan sebagai sepeda motor komuter harian atau touring. Model CB bermesin kecil seperti CB100 juga populer untuk balap motor antik. Semua motor seri CB memiliki mesin inline.

Honda CBR Series adalah serangkaian model sepeda motor sport Honda. Dengan pengecualian dari CBR125, CBR150, dan CBR250 yang memiliki silinder tunggal, semua sepeda motor CBR memiliki mesin inline. bentuk naked atau standar dari sepeda motor ini adalah CB Series.

Nah dari kata kata yang di bold tadi sudah jelas kalau CB dan CBR series itu menggunakan mesin inline semua. Dengan pengecualian untuk CBR125, CBR150 dan CBR250 (2011- ) yang memakai mesin silinder tunggal (Sebuah mesin disebut inline kalau memiliki minimal 2 silinder. Kalau yang 1 silinder tegak juga ikutan disebut inline maka boleh dong motor bebek dan metik yang beredar di Indonesia ane sebut bermesin Boxer seperti Porsche atau Subaru :mrgreen: ).

Terus apa dong nama motor Honda dengan konfigurasi mesin V? jawabnya ada di ujung langit 😀 . Honda seri VT adalah sepeda motor dengan mesin dua silinder V. Bentuk Sport (mengutamakan power mesin, bukan kenyamanan) bermesin V ini diberi nama “VTR”. Versi 4 silinder disebut Honda VF atau VFR.

Honda VTR250 1990 Jadul

Honda VTR250 1990 Jadul

Kesimpulannya : aneh jika CBR bermesin V twin seperti yang ada pada VTR series. Lebih masuk akal kalau yang sedang dikembangkan oleh AHM nantinya adalah Honda VTR 250 dan bisa juga nantinya dijual secara global. Lagipula awal kemunculan VTR 250 pada tahun 1988 bentuknya adalah motor sport fairing kemudian facelift tahun 1997 dengan bentuk yang belum berubah secara drastis sampai sekarang.

Iklan

2 thoughts on “Opini : Kurang Yakin Dengan CBR250 Twin

  1. Ping balik: Mau Motor 250cc V-Twin Dibawah 30 juta? | TechToNime

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s