Suzuki Spin 125 : Nasibmu kini

Baca baca review tentang Suzuki Address baru yang terlihat superior jadi inget kalo dirumah punya simbahnya Suzuki Address ini. Dibanding Address, motor jadul ane yang biasa dipake ane atau bapak ane jatoh 😦 ini jadi terlihat semakin mengenaskan. Semengenaskan apa monggo disimak tulisan nyubi ini.

spin1

Suzuki Spin 125 trondol gara gara susah nyari body partnya :v

Karena saking stressnya tugas kuliah diperburuk deadline yang makin dekat Minggu tanggal 7 Desember kemarin ane balik ke rumah. Bermodalkan bensin 2 liter kurang sitik sama slogan “rasah mikir”. Sampai dirumah liat Suzuki Spin 125 keluaran 2006 yang sudah sebulan lebih teronggok di tempat yang sama di dalam garasi nggak keurus. Karena banyak waktu luang iseng keluarin motor paling besar kapasitas mesinnya di rumah (lainnya cuma 108cc sama 113cc soalnya). Iseng cek bensin eh ternyata masih ada sedikit (sekitar 1/4 tangki lah) mumpung belum hujan juga, coba hidupin bentar tancap kunci kontak lalu tekan tombol starter sambil menarik tuas rem, nggak ada respon. Setelah di ulang ulang masih tidak ada respon baru inget kalo akinya udah soak sejak 3 bulan yang lalu. Ya sudahlah coba nyalakan pake kick starter aja. Si Spin ini pun akhirnya dimajukan sedikit biar bisa distandar tengah di tempat yang lebih rata. Sampainya di tempat yang rata ternyata standar tengah spin ini patah bagian kirinya dimakan karat ditambah bengkok akibat kecelakaan. Opsi terakhir majuin motor sampai mepet tembok kemudian langsung genjot kick starter sambil tarik gas.

Choke

Choke

Berkali kali genjot kick starter kok masih nggak mau nyala ya? choke udah dibuka padahal, setelah diselidiki ternyata kabel chokenya ilang. Pantes nggak mau hidup 😀 setelah diteliti lagi ternyata ada semacam kawat pendek yang berfungsi sebagai choke sementara. Alhasil tangan kanan siap siap narik gas, tangan kiri narik kawat choke, kaki kanan genjot kick starter. Setelah usaha sekitar 20 menitan akhirnya mesin hidup juga. Suara keras dari kenalpot nobi abal-abal yang udah dimodif lagi akibat kecelakaan sukses membangunkan adek ane yang sedang tidur siang :mrgreen: oh iya terpaksanya pake knalpot ini sebenarnya karena susah nyari penggantinya. Sebenarnya bisa indent di BeRes Suzuki, cuma karena kelamaan indent jadinya knalpot racing kw ini yang dipasang.

spin6

sudah 48 ribu km berlalu

Keluar gang didepan rumah, langung tarik gas pol saat jalanan sepi buat mencoba tarikan Spin ini. Hasilnya? not bad. Biarpun tampangnya udah mengenaskan tapi tenaganya masih enak dan rasanya lebih kenceng dibanding vario techno yang biasa ane pakai. Untuk top speed dsb nggak tau dikarenakan speedometernya mati. Karena tiba tiba turun hujan, terpaksanya langsung pulang daripada kehujanan terus masuk angin.

Biarpun sudah “hancur” begini sebetulnya masih ada bagian yang bikin ane senang lihatnya, yaitu rangka belakangnya. Rangka belakang yang digunakan suzuki spin ini berbentuk pipa bulat berukuran besar. Bila semua piranti yang menempel dirangka dilepas, sepintas akan terlihat seperti rangka Honda Zoomer/Ruckus. Nggak percaya? coba bandingkan 2 gambar berikut ini

Honda Zoomer / Ruckus

Honda Zoomer / Ruckus

spin3

rangka belakang Suzuki Spin 125

karena bentuknya yang sepintas sama makanya ane iseng nyari nyari info soal Honda Ruckus kemarin.

Demikian curhatan tentang Suzuki Spin 125 tahun 2006 yang kondisinya “asal nyala”. Kalau mau lihat detilnya monggo lihatin gambar dibawah :

spin8

biarpun trondol, stoplamp tidak dibiarkan bening

spin5

headlamp udah redup

spin4

ban + velg standard honda vario 110

spin2

Knalpot nobi kw yang dimodifikasi lagi

 

Iklan

2 thoughts on “Suzuki Spin 125 : Nasibmu kini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s