Mengenal Honda Zoomer/Ruckus

Ceritanya lagi kepingin punya Honda Zoomer/Ruckus lawas. Keasyikan browsing jadi sedikit tau tentang skutik ajaib ini. Daripada disimpan sendiri mendingan post aja daripada nggak posting sama sekali 😀

Honda Zoomer / Ruckus

Honda Zoomer / Ruckus

Honda Zoomer (pasar Jepang) bisa juga disebut Ruckus di US adalah skutik kecil yang bisa dibilang sangat populer dikarenakan desainnya yang benar-banar out of the box. Dikala skutik lain memiliki body yang menutupi seluruh rangka, Honda Zoomer malah menawarkan desain yang unik dengan hanya menampilakan seluruh rangkanya. tanpa ada body dari plastik abs yang menutupinya. Skutik ini memiliki kapasitas mesin sebesar 50cc 4 stroke liquid cooled dengan bore sebesar 38 mm dan stroke 44 mm. Kecil? ingat, dinegara asalnya ada peraturan sim berjenjang yang mewajibkan pengendara sepeda motor baru menguasai sepeda motor berkapasitas mesin maksimal 50cc sebelum mengendarai sepeda motor 125cc dan seterusnya.

Diperkenalkan sejak akhir 2002 di Jepang, Amerika Serikat dan Kanada Skutik ini bisa dikatakan populer di kalangan anak muda yang baru belajar naik motor karena desainnya yang unik. Versi eropa sudah dilengkapi dengan sistem injeksi PGM-FI karena regulasi emisi gas buang yang jauh lebih ketat dibanding jepang dan amerika.

Bigruckus

Big Ruckus

 

Karena kepopulerannya Honda akhirnya juga mengeluarkan Honda Big Ruckus bermesin 250cc pada tahun 2004. Memiliki desain yang tetap simple dengan menampilakan rangkanya namun memiliki ukuran jauh lebih besar (250cc gitu). Sayangnya Big Ruckus dihentikan produksinya tahun 2007.

pic-color01

Honda Zoomer X

Tahun 2012 Honda juga mengeluarkan lagi varian lain dari Honda Zoomer dengan nama Honda Zoomer X. Berbekal mesin 110cc air cooler yang sama persis dengan beat, scoopy, vario fi. Keistimewaan Zoomer X selain bentuknya yang unik adalah pengaplikasian ban lebar 12 inch dan suspensi depan model Up Side down. Gosipnya skutik ini juga akan hadir diIndonesia, cuma sayang nggak ada berita kelanjutannya lagi.

Sekian, semoga menambah wawasan dunia persepedamotoran 😀

Iklan

One thought on “Mengenal Honda Zoomer/Ruckus

  1. Ping balik: Suzuki Spin 125 : Nasibmu kini | TechToNime

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s