Sedikit Tips Ngirit Bensin

Senin malam 17 November 2014 presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi jenis premium dan solar sebesar Rp2000. Harga baru ini berlaku mulai hari selasa 18 November 2014 pukul 00.00 WIB. Akibat dari kenaikan harga BBM ini marak demo menuntut pembatalan kenaikan harga BBM bersubsidi. Mau ikutan demo? silahkan, lagian adalah hak anda untuk menyampaikan pendapat dimuka umum. Asal jangan bikin macet dan rusuh saja. Nah bagi yang hanya bisa nerimo kayak saya mending belajar eco driving yuk. Siapa tau dengan merubah sikap berkendara kita bisa bikin mobil/motor jadi lebih irit bensin.

Indikator bensin vartech udah mentok (3,7 liter)

Indikator bensin vartech udah mentok (3,7 liter)

Berikut beberapa tips yang sudah sering ane lakukan dan hasilnya lumayan kala diterapkan di vartech karbu ane. Kalau ada yang salah mohon dikoreksi.

1. Pindahkan transmisi ke posisi yang lebih tinggi secepat mungkin. Intinya jangan biarkan mesin mobil/motormu meraung raung di rpm tinggi. Kalau manual usahakan sesegera mungkin pindah ke gigi yang lebih tinggi (kecuali jalan santai atau lagi lewat tanjakan) kalau matic ya buka tutup gas jangan terlalu tiba tiba dan sering.

2. Sedapat mungkin pertahankan kecepatan pada putaran ekonomis. Kebanyakan tenaga mesin hanya terpakai untuk akselerasi atau kecepatan tinggi. Apabila pengemudi mempertahankan kecepatan dan putaran ekonomis, maka energi yang terbuang dan boros bahan bakar dapat dikurangi.

3. Hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu. Pengereman yang tak diperlukan akan memboroskan energi, oleh karena itu hindari pengereman yang ekstrem, kecuali dalam keadaan terpaksa (nggak lucu kalo sampai mobil/motor sama badan hancur gara gara pingin ngirit bensin). Semisal dari jarak 100meter udah lihat lampu hijau tapi detikan di timer sisa dibawah 10 misalnya daripada betot gas lebih dalam demi ngejar waktu mending lepasin aja gasnya dan biarkan mobil/motor meluncur dan berhenti di dekat traffic light.

4. Matikan mesin secara selektif. Jika ingin berhenti dan diam selama lebih dari 60 detik atau 1 menit, lebih ekonomis mematikan mesin
> Situasi memungkinkan antara lain:
a. Ketika mengisi atau membongkar muatan
b. Antre isi BBM
c. Dalam kemacetan
d. Pada gerbang tertutup (perlintasan rel)
Menyalakan dan mematikan mesin tidak merusak saklar starter atau mengurangi masa gunanya. kalau sampai bisa merusak starter ya harusnya pabrikan gede sekelas honda (AHM) nggak bakalan menghadirkan Idling stop. oh iya, konsumsi bahan bakar ketika mesin stasioner selama 3 menit sama dengan 1 kilometer mengemudi dalam kecepatan konstan 50 km/jam.

5. Rawat dan sayangi kendaraan. Menyayangi kendaraan disini bukan berarti harus ngucapin “I love you” ke mobil atau motor sampeyan. Menyayangi disini maksudnya seperti rajin memeriksa, merawat dan memperbaiki kendaraan dari yang paling sederhana seperti cek tekanan udara di ban sampai yang agak susah seperti ganti onderdil yang udah minta pensiun. Pastikan tekanan ban secara reguler dan disesuaikan dengan anjuran (lihat buku manual kendaraan. Jangan¬†bilang buku manualnya udah jadi bungkus tempe). Kebiasaan ini dapat menghemat bahan bakar dan meningkatkan keamanan. Tekanan ban yang benar dapat memberikan penghematan bahan bakar antara 1-3 persen. 0,3 bar di bawah tekanan ban optimal yang direkomendasikan dapat meningkatkan hambatan gelinding (rolling resistance) hingga 10 persen.

6. Diet dan kurangi aksesori yang tidak perlu. Kalau driver atau ridernya nggak bisa diet paling nggak kurangi aksesoris/barang di mobil/motor yang sekiranya nggak bener bener diperlukan seperti roof rack atau side boks (kalo lagi butuh ya tinggal pasang lagi). Aksesori yang tidak perlu juga dapat membuat mobil/motor jadi kurang aerodinamis.

7. Usahakan nebeng. Maksudnya nebeng disini adalah kalo punya temen yang tempat kerja/kampus sama dan sama sama punya kendaraan mending berangkat pulang bareng saja. Selain mempererat tali silaturahmi hal ini juga bisa mengurangi pengeluaran untuk beli bensin sama onderdil.

sekian tips dari nyubi. Sekali lagi kalau ada yang salah mohon dikoreksi.

Iklan

One thought on “Sedikit Tips Ngirit Bensin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s