Mengenal Style Itasha, Itansha, Itachari

Seorang otaku akut dibidang animanga dan termasuk weeabo biasanya memiliki waifu/husbando, nah biasanya orang yang benar benar sudah pede tampil bersama waifunya akan menempelkan berbagai stiker waifunya di kendaraannya (kalau punya). Pertanyaannya apa itu itasha? simak penjelasan dibawah (mengutip wikipedia).
Itasha (痛車), secara literally berarti “painmobile” atau “mobil sakit”, adalah sebuah istilah di jepang untuk seseorang (biasanya otaku) yang memodifikasi body kendaraannya dengan karakter fiksi dalam anime, manga, game, visual novel sampai eroge. Biasanya karakter yang di pakai (khususnya karakter cewe) memiliki keimutan maximal 😀 . Agar tidak terasa aneh basanya ditambahkan pula beberapa paint job yang mendukung sampai stiker-stiker lain yang biasanya malah mengarah ke aliran racing. Untuk sepeda motor biasa disebut dengan itansha (痛単車) dan intachari (痛チャリ) untuk sepeda.
Itasha sendiri bisa ditempelkan ke semua jenis kendaraan. Mulai dari Sepeda lipat, skuter seperti Honda Vario, sports bike seperti Suzuki GSXR600R, hatchback 2pintu seperti Honda Civic Estilo, van seperti Toyota Hi Ace, sportscar seperti BMW Z4, hingga pesawat terbang. Saat ini itasha, itansha maupun itachari sudah dianggap sebagai kultur modifikasi tersendiri.

itasha BMW Z4 di ajang Super GT (JGTC) GT300

sebuah itasha BMW Z4 di ajang Super GT (JGTC) GT300

秋葉原UDX駐車場[痛車SNAP]かめりあ@ふぇいTZR2

itansha Yamaha TZR (photo by Akihabara UDX Parking)


Tidak hanya untuk kendaraan harian, itasha juga merambah ke dunia motorsport. Tidak percaya? lihat saja ajang event drifting seperti D1GP atau Super GT (sebelumnya JGTC). Bahkan di event balap Super GT kelas GT300 mobil itasha seperti milik tim Good Smile Racing bisa cukup diperhitungkan.

Nyoba bikin buat Vario Techno ane (chara : Hatsune Miku)

Nyoba bikin buat Vario Techno ane (chara : Hatsune Miku)

Di Indonesia sendiri ada komunitas itasha. Silahkan kunjungi fanpage mereka di facebook untuk melihat-lihat itasha, itansha maupuny itachari yang dimiliki orang indonesia. Mau bikin? silahkan, asalkan sudah siap dari segi dana dan mental. Kenapa? tau sendiri kan orang kita sering kali usil melihat sesuatu yang indah, selain itu siapkan juga mental karena masih banyak orang kita yang kurang bisa menghargai hobi orang. Sekalinya peduli eh malah ikut campur masalah orang lain, mengusik atau malah tidak mendukung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s