Mobil Pickup Viar

Iseng baca berita di tempo[dot]com nemu berita ini :

TEMPO.CO, Semarang – PT Triangle Motorindo, produsen sepeda motor Viar, siap meluncurkan mobil nasional dalam waktu dekat. Manajer Riset dan Pengembangan Triangle Motorindo, Heru Sugiantoro, mengatakan mobil bernama KAUM itu akan meluncur kurang dari dua bulan. “Mobil ini menyasar pasar pedesaan,” kata dia di kantor Gubenur Jawa Tengah, Selasa malam, 14 Oktober 2014. (Baca: Tiga Tantangan Realisasi Proyek Mobil Nasional)

KAUM menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc meluncur dengan model pikap atau bak terbuka. Menurut Heru, mobil ini cocok untuk angkutan pedesaan terutama hasil pertanian. “Kami mengincar pedesaan karena jika membuat mobil kota akan menambah masalah kemacetan,” ujarnya. (Baca: M.S. Hidayat: Industri Mobnas Tunggu Presiden Baru).

Menurut Heru, produksi KAUM dibantu oleh sejumlah perusahaan onderdil dan karoseri di Jawa Tengah. Sejumlah perajin logam, bahkan bisa membuat mesin dan beragam aksesori mobil dengan teknik pengecoran. Soal karoseri juga perkara mudah, mengingat banyak perusahaan pembuat badan mobil dan bus skala nasional yang bermarkas di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta agar KAUM kompetitif dari sisi kualitas, harga, dan layanan purna jual. “Kalau itu dilakukan, saya siap membantu lewat regulasi,” katanya. Ganjar mengatakan KAUM akan mendorong kesejahteraan petani. Mobil ini cocok dengan program teknologi pertanian untuk 500 hektare lahan di Jawa Tengah. Ganjar berharap KAUM bisa membantu distribusi hasil pertanian di wilayahnya. (Baca: Dahlan Akui Sulit Kembangkan Mobil Nasional).

Pabrikan motor made in Semarang ini bakalan bikin mobil pickup 1000cc kerjasama dengan perusahaan karoseri lokal dan onderdil mesin. Kalo diterawang sepertinya mantab. Pickup bermodalkan mesin 1000cc bikin ingat sama Daihatsu Hijet 1000, Mitsubishi Jetstar sama Suzuki Carry 1000. Soal desain body sebaiknya hal ini diperhatikan karena orang Indonesia lebih memandang suatu barang dari luarnya. Percuma mesin bagus tapi tampangnya kurang bisa diterima masyarakat. Ambil contoh Honda CS1 yang mesin 125ccnya beringas dan konon bisa ngasepin motor 150cc lain tapi penjualannya kurang karena tampangnya yang belum bisa diterima kebanyakan masyarakat sampai sampai muncul julukan seperti motor banci, domba garut, hyrocepalus, punuk onta dll.

at least, semoga saja bentuknya nggak kayak viar microcar ini :v

viar microcar (dari kompas.com)

viar microcar (dari kompas.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s