Honda CB125/150 di Belahan Dunia

Honda CB series adalah salah satu line up sepeda motor buatan Honda. Model ini muncul pertama kali tahun 1959 dengan diproduksinya Honda CB72 Hawk dengan kapasitas 250 cc, 4 kecepatan. Di Indonesia sendiri Honda CB mulai diperkenalkan pada tahun 1971 dengan ditandai masuknya Honda CB100 secara CBU (Completely Built Up) dari Jepang. Dikarenakan perawatannya yang mudah dan tergolong irit bahan bakar CB100 ini menjadi populer dimasanya. Karena kepopulerannya inilah Federal Motor (Astra Honda Motor sebelum ganti nama) akhirnya juga memperkenalkan CB125 , CB175, dan CB200. Khusus untuk CB175 dan CB200 sudah memiliki performa yang cukup baik lantaran mesin 2 silindernya yang bertenaga. Saat ini Honda CB jadul masih sangat digemari. Banyak yang masih mempertahankan originalitasnya maupun yang sudah dimodifikasi (biasanya japs style ataupun cafe racer). Bahkan saat ini sudah banyak motor jadul ini yang menggunakan mesin Honda Tiger 200cc dikarenakan miripnya struktur rangka dan jeroan mesin dengan CB100. Rangka kecil dari CB100 dipadukan mesin bertenaga 16 s/d 17 HP dari Honda Tiger sukses membuat CB100 kembali menguasai jalanan Indonesia.

IMG_3168__Small_

CB72 Hawk

Saat ini nama Honda CB di Indonesia kembali dibangkitkan oleh PT Astra Honda Motor selaku ATPM Honda di Indonesia dengan dihadirkannya Honda CB150R Street Fire. Setelah diluncurkannya All New Honda CBR150R (atau biasa disebut CBR lokal) pada awal september lalu, tersebar gosip akan facelift si Street Fire ini. Nah sambil membayangkan bagaimana model selanjutnya dari si Street Fire ini mari kita lihat berbagai model Honda CB125/150 dari berbagai negara berikut.

1. Indonesia

CB150 Street Fire

CB150 Street Fire

Di Indonesia nama CB150 kembali dibangkitkan oleh PT Astra Honda Motor selaku ATPM Honda di Indonesia dengan dihadirkannya Honda CB150R Street Fire pada tahun 2012. Bisa dibilang inilah tipe CB150 dengan mesin yang paling powerfull dan desain rangka yang paling nyeleneh dibandingkan saudaranya dari negara lain (mirip CBR250R). Mesin DOHC 150cc Liquid cooled PGM-Fi yang merupakan pengembangan mesin SOHC 125cc milik CBR125, Sonic dan juga CS1 yang juga dapat ditemukan pada Honda CBR150R dapat menghasilkan tenaga (klaim pabrikan) sebesar 12,5 kW (17 PS) pada 10.000 rpm dan torsi 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm. Dan dipadukan dengan transmisi 6 percepatan.

2. India

cb150-trigger-front

CB150 Trigger

Di India CB150 juga dikenal sebagai CB150 Unicorn Dazzler yang memiliki bentuk persis dengan new Mega Pro karburator di Indonesia. Namun saat ini Dazzler sudah digantikan oleh CB150 Trigger yang memiliki model yang sama dengan CB150 Invecta di Amerika latin. Honda CB150 Trigger ini memiliki mesin yang mirip dengan Honda new Mega Pro di Indonesia. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 14 bhp (10 kW) pada 8500 rpm dan torsi 12.5 N·m (9.2 lb·ft) pada 6500 rpm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi 5 percepatan dan sistem penyuplai bahan bakar karburator.

3. Eropa

CBF125

CBF125

Dikarenan adanya peraturan SIM berjenjang, maka Honda CB di daratan eropa menggunakan mesin 125cc. Kenapa 125cc? karena sepeda motor yang boleh dikendarai oleh pemula (learner legal) maksimal berkapasitas mesin 125cc. Untuk bisa mengendarai 125cc keatas (termasuk 150cc) mau tidak mau harus mendapatkan SIM pertama kemudian mengikuti tes SIM kedua. CBF125 ini diperkenalkan di Inggris dengan model half fairing (dilihat sepintas mirip dengan motor PJC600 dalam game GTA San Andreas). Dengan mesin 125cc air cooled PGM-Fi yang dibatasi tenaganya (8.3kW pada 8,000RPM) dan torsi 11.2Nm pada 6,250RPM. Karena suspensi belakang masih menganut model ganda, sepertinya Honda Verza kalau dimodifikasi begini cocok juga.

4. Amerika Latin

INVICTA1INVICTA2

Di Amerika Latin (Brazil, Argentina, Suriname) CB150 disebut dengan CB150 Invecta. Memiliki model mirip dengan CB150 Dazzler di India. Bedanya mungkin hanya minusnya saree guard (sejenis pelindung pakaian khas wanita India), tutup tangki yang rata dan stoplamp yang sudah menganut LED. Mesin 11/12 dengan yang hadir di India ataupun mega pro diIndonesia dan masih sama sama mengusung karburator.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa CB150 yang beredar di Indonesia benar benar berbeda dengan CB150 yang ada diluar sana. Besar kemungkinan CB150 Street Fire ini didesain oleh putra bangsa yang bekerja di PT Astra Honda Motor (karena tidak adanya CB125/150 yang memakai frame seperti ini). Dan juga model model CB150 lain rasanya mustahil di adopsi oleh CB Street Fire.

Semoga menambah wawasan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s